Tanya Dokter

  • gusi bawah gigi geraham sakit

  • Dok,saya mau tanya gigi geraham bawah saya awalnya berlubang, dan sudah di tambal. Namun setelah ditambal gusi saya sering nyeri. Dan skrg stetelah 2 bulan di tambal nyerinya kambuh lg. Saat di prhatikan yg sakit itu di bagian bwah gusi smpai timbul benjolan. Saya curiga apa itu gigi bungsu yg tumbuh tidak sempurna atau memang infeksi gusi. Apa bisa gigi bungsu tumbuh dibawah gigi graham? Apa jika gigi ini dicabut,rasa sakitnya akan hilang? Mhon bantuannya dok, karna ini sangat mengganggu. Trimakasih.

    Halo,   Rasa nyeri yang timbul pada gusi di bawah gigi yang ditambal bisa disebabkan karena :

    1. Gangren gigi = pembentukan gas dalam pulpa gigi akibat infeksi sehingga menekan gusi dan jaringan sekitarnya dan menimbulkan nyeri.
    2. Kista gigi
    3. Abses gusi
    4. Fistula gusi
    5. Radang gusi
    6. dll.
    Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter gigi yang melakukan penambalan kepada gigi Anda, dengan tes fisik dan rontgen gigi maka bia diketahui penyebab nyeri pada gigi yang sudah ditambal tersebut. Penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah meminum obat penghilang nyeri seperti paracetamol dan melakukan perawatan gigi seperti menggosok gigi, berkumur dan melakukan flossing secara reguler. Jika keluhan menetap >2 hari maka sebaiknya periksakan segera ke dokter gigi untuk menentukan penyebab nyeri dan melakukan pengobatan yang optimal. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi