Tanya Dokter

  • Mengatasi gusi bengkak

  •  Mohamad Fadma
    Anggota
    Hallo dok. Saya mohamad fadma 18 tahun sudah beberapa hari ini gusi saya bengkak dan terasa nyeri pas saya cek ternyata tumbuh gigi di bawah bengkakan tersebut di blakang gigi graham kiri bawah pertanyaan saya 1.apakah berbahaya dok? 2.apakah menyembuhkan nya harus dengan pembedahan? 3.obat apa yg tepat untuk menghilangi rasa nyeri nya? Itu saja trimakasih dok .
    Mohamad Fadma  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Mohamad Fadma,

     

    Pembengkakkan pada gusi dapat disebabkan karena adanya infeksi pada dasar gigi, riwayat trauma, peradangan pada gusi (gingivitis), atau dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C (skorbut) atau karena adanya pertumbuhan gigi geraham bungsu yang terganggu.

     

    Gigi geraham bungsu yang hendak tumbuh umumnya akan terasa nyeri dalam beberapa hari namun apabila tidak ada kelainan maka rasa nyeri dapat hilang dengan sendirinya namun apabila terdapat kelainan dalam pertumbuhan gigi geraham belakang seperti impaksi (tertahannya gigi geraham karena tidak adanya ruang tumbuh) atau akibat arah pertumbuhan yang salah.

     

    Apabila terjadi kelainan pada pola pertumbuhan gigi, umumnya penanganan dilakukan dengan proses pencabutan gigi melalui operasi untuk menghilangkan keluhan yang muncul akibat pola pertumbuhan gigi yang terganggu.

     

    Untuk mengetahui apakah kelainan yang disebabkan berbahaya atau tidak diperlukan konsultasi dan pemeriksaan fisik pada area gigi dan mulut terlebih dahulu sehingga sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan pada gusi yang mengalami pembengkakkan apakah disebabkan karena adanya gangguan pada pertumbuhan gigi atau disebabkan karena hal lain sehingga dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi keluhan.

     

    Sementara itu, anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri ringan seperti paracetamol namun sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan nyeri tanpa anjuran dari dokter. Anda juga diharapkan untuk menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi dengan cara yang benar setidaknya 2 kali dalam sehari.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi