Tanya Dokter

  • Gusi bengkak dan daging tumbuh di gusi

  •  Nuraini
    Anggota
    Assalamualaikum Selamat siang dok. saya punya 2 pertanyaa yg ingin sy tanyakan : 1. Gusi bagian kiri dan kanan sy sering bengkak ketika sy habis makan atau mengunyah sesuatu , awalny sy merasa ganjil dn sy pencet atau kadang sy tusuk pake jarum dn yg keluar darah sama nanah, setelah di tusuk bengkakx, tdk lama bengkaknya muncul lagi dok, dan apabila di diamin lama bengkak gusinya hilang tp membekas . Sy prnah bertanya ke seorang mahasiswa keperawatan gigi katanya itu gejala abses , apakah benar dok? Dan bagaimna menanganinya . 2. Pertanyaak kedua , sy juga mengalami kelebihan daging gusi bgian belakang kanan , saat sy mengunyah makanan gusinya sakit dok , kata teman sy itu krna kekurangan vitamin, jd sy konsumsi vit. C yang biasa di jual di Apotik . Tp daging gusinya ttp ada . Pdahal sy juga sering mengkonsumsi tomat dok . Nah kira2 itu di sebabkan oleh apa ? Dan bagaimana saran dan cara menanganinya dok . Terima kasih dok atas waktu dan jawabannya. Wasallam.

    Hai,

    Gusi bengkak seringkali berkaitan dengan kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga baik. Hal ini bisa karena faktor kebiasaan, bisa juga karena faktor kondisi gigi-geligi yang menyulitkan pembersihan rongga mulut secara optimal, misalnya gangguan arah tumbuh gigi (gigi tidak rata) atau adanya gigi bungsu yang tumbuh miring. Hal ini kemudian akan memudahkan makanan terselip di antara gusi, yang kemudian menjadi sumber infeksi. Jika infeksi sedemikian hebat, dapat timbul abses / proses pernanahan. Gigi bengkak juga bisa disebabkan oleh efek samping obat (mis. anti-epilepsi), kekurangan vitamin C (scurvy) atau efek hormonal (mis. kehamilan).

    Pada abses, sering terdapat gejala demam, pembengkakan yang nyata dan nyeri yang menetap. Pengobatan abses utamanya ialah mengeluarkan nanah yang terbungkus di dalam daging, yi. dengan prosedur pembedahan sederhana.

    Daging lebih yang dimaksud mungkin menandakan gambaran gigi bungsu yang tumbuh miring (impaksi), atau menandakan kelainan pertumbuhan gusi  (operkulum). Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Gigi. Mungkin diperlukan pemeriksaan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Tips berikut mungkin membantu:

    • Gosok gigi sekurangnya 2 kali sehari
    • Pelajari cara menggunakan benang gigi dan biasakan memakai benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat
    • Gunakan obat kumur jika dirasa perlu

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma