Tanya Dokter

  • Mengatasi gigi bengkak dan gusi terasa berlubang

  • halo dok

     

    saya ingin tanya ,, dulu gigi saya bengkak ketika mengunyah makanan agak sakit dan akhirnya lecet , dan sekarang sudah sembuh tapi saya lihat gusi saya jadi berlubang sampai ke bawah gigi , ketika makan sisa makanan pasti masuk kedalam gusi yg berlubang itu ,

    posisinya di gigi belakang bagian bawah

    bagaimana cara mengatasi atau obat agar gusi saya rapat kembali ???

    Hai Ahmad.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Gigi yang berlubang disebabkan karena adanya plak yang terbentuk, plak tercipta karena adanya penumpukan bakter, plak ini nantinya akan merusak lapisan enamel gigi sehingga gigi berlubang. Gigi yang berlubang hingga akar gigi dapat mengenai saraf gigi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi secara permanen bila tidak ditangani dengan tepat.

    Selain itu gigi yang berlubang juga dapat mengakibatkan radang pada gusi. Gusi terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Lubang pada gusi juga dapat disebabkan karena pembengkakan gusi yang terdahulu. Bila tak ditangani dengan tepat dapat menjadi abses (tumbuhnya kantong nanah di dalam gusi).

    Gigi yang berlubang dapat ditambal dengan terlebih dulu membuang bagian yang membusuk. Jika berlubang hingga akar maka akan dilakukan perawatan saluran akar gigi, akan dibersihkan hingga bagian akar yaitu sarag dan pembuluh darah sebelum nantinya ditambal. 

    Periksakan gigi anda ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, terutama bila anda merasa nyeri dan ada pembengkakan. Bila anda merasa nyeri dapat mengkonsumsi paacetamol untuk anti nyeri dan minum sesuai dosis yang tertera. Lakukan ini dirumah: jaga kebersihan gigi dan mulut, sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, hindari makanan yang terlalu manis, dan kunjungi dokter gigi secara rutin.

    baca juga: gigi berlubang menyimpan resiko penyakit

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti