Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri pada gusi dan gigi

  •  dicky wahyudi
    Anggota
    Dok ! Saya mau tanya , saya udah lama mnderita sakit gigi gusi bagian atas. Malah gusi saya bagian atas jika di toel jadi sakit ngilu. Terus suka berdarah,trus muncul benjolan merah kecil yg kalo di pegang benjolan itu sakit ngilu banget malah pernah kluar nanah dan darah. Kalo sakitnya parah giginya malah turun ke bawah jadi giginya tidak rata. Mohon pncerahannya dok dan apa yg hrus saya lakukan supaya sakit yg sudah lama ini jadi sembuh

    Selamat Pagi Dicky,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Keluhan yang Kamu rasakan dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada gigi dan gusi Kamu, kemungkinan telah terjadi Radang Gusi yang telah berkembang menjadi abses pada gusi. Untuk memastikan kondisi ini dan memberikan penanganan yang tepat, sebaiknya Kamu saat ini ke Dokter Gigi terdekat ya, Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung, mencari tau sejauh mana masalah gigi dan gusi yang telah terjadi, kemudian memberikan penanganan yang sesuai, Hindari menunda-nunda pengobatan karena keluhan akan semakin berat dan berbagai komplikasi masalah gigi dan mulut dapat terjadi.

    Pertumbuhan bakteri yang dibiarkan akan membentuk abses pada gigi sehingga dapat menyebar ke area lain sekitarnya. Abses tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter gigi akan melakukan penanganan untuk mengatasi abses dengan mengeringkan nanah atau sekaligus mencabut gigi yang terinfeksi. Upaya yang dapat Kamu lakukan disamping ke Dokter:

    • Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam
    • Sikat gigi secara teratur
    • Jaga kebersihan lidah, dengan cara menyikatnya secara teratur
    • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis
    • Hindari kebiasaan merokok

    Sekian semoga lekas sembuh,

    dr. Annes