Tanya Dokter

  • Gusi sakit setelah sikat gigi

  •  Ivan Pahlevi
    Anggota

    Malam Dok. Saya ingin tanya kenapa gusi saya belakangan perih saat sikat gigi. Setelah sikat gigi pun masih terasa perih apalagi ketika minum.

    Halo Ivan Pahlevi

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Gusi atau gigi yang terasa perih saat sikat gigi, minum ataupun makan disebabkan karena gigi sensitif. Gigi sensitif ini terjadi pada lapisan bawah gigi (dentin) yang terbuka karena gusi pelindung akar gigi menipis dan akar gigi mengandung lubang-lubang kecil (tubula) yang mengarah ke pusat saraf gigi.

    Timbulnya gigi sensitif dikarenakan beberapa faktor seperti menggosok gigi terlalu keras, sering menggesek gigi, mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi asam yang dapat merusak enamel gigi, ginggivitis, gigi retak, plak gigi, setelah pembersihan gigi dan penggunaan pemutih gigi.

    Sebaiknya lakukan pemeriksaan di dokter gigi terlebih dahulu untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat, baru setelah itu dibantu juga dengan penanganan di rumah yaitu dengan menggosok gigi dengan sikat yang halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride Dan untuk gigi sensitif minimal dua kali sehari, hindari makanan dan minuman yang mengandung zat asam, rutin untuk membersihkan gigi dengan benang gigi dan hindari merokok.

    Semoga bermanfaat, dr. Asri