Tanya Dokter

  • masih merasa pusing dan mual setelah kuretase

  •  Ana Nadia
    Anggota

    Halo...

    Dok saya,

    Hamil 2 bulan priksa di bidan terdekat, terus di kasih obt warnanya merah kya obt tmbah darah, Pagi saya minum, paginya lagi kluar darah kya haid.. Pertanyaan nya. Apakah kandungan saya lemah?

    Mau tanya lagi dok? Saya habis kuret tgl 27 oct. Udah kontrol di RS FATIMAH, kata dokter kandungannya udah bersih, ngak perlu kontrol lgi.

    Pertanyaan nya? Kenapa saya udh seminggu ini saya masih pusing dan mual? Apa kurang darah?

    Trus apakah saya bisa hamil lagi dok?...

    Tolong respon nya dok? Terimakasih....

    Halo Ana, Terima kasih atas pertanyaannya. Keguguran <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">dapat terjadi pada kira-kira 1-2 orang dari 10 ibu hamil yang menyadari kehamilannya. Diperkirakan sekitar 8 dari 10 kasus keguguran terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya masalah kesehatan Ibu </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">misalnya karena ada masalah pada plasenta, memiliki struktur rahim yang abnormal, leher rahim yang lemah, atau menderita sindrom ovarium polikistik</span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">, pengaruh infeksi tertentu misalnya malaria, toksoplasmosis, rubella, konsumsi obat yang berefek buruk pada janin, merokok, konsumsi kafein berlebihan, kelebihan atau kekurangan berat badan.</span> Keluhan berupa pusing dan mual setelah tindakan kuret dapat disebabkan masih terdapatnya hormon kehamilan pada tubuh yang nantinya akan berangsur menurun, atau juga dapat disebabkan oleh anemia. Apabila pusing dan mual ini mengganggu aktivitas, sebaiknya Kamu kontrol kembali ke Dokter Kandungan, bila perlu Dokter akan menyarankan pemeriksaan darah, setelah jelas diketahui penyebab yang mendasari keluhan maka dapat diberi penanganan yang sesuai. Pernah mengalami keguguran bukan berarti seorang wanita tidak dapat hamil kembali. <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Karena penyebabnya yang belum diketahui secara pasti, keguguran juga pada umumnya tidak dapat dicegah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko keguguran, yaitu</span>

    • Konsumsi makanan sehat dengan menu seimbang, tingkatkan asupan zat besi dan asam folat seperti ikan kembung, sayuran hijau, kacang-kacangan
    • <li style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; font-style: inherit; margin: 0px 0px 10px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; list-style-type: square; line-height: 23px;">Tidak merokok, mengonsumsi minuman keras, dan menggunakan obat-obatan terlarang <li style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; font-style: inherit; margin: 0px 0px 10px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; list-style-type: square; line-height: 23px;">Menjaga berat badan yang sehat sebelum dan saat hamil <li style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; font-style: inherit; margin: 0px 0px 10px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; list-style-type: square; line-height: 23px;">Menghindari infeksi-infeksi yang mungkin terjadi, misalnya dengan memeriksakan diri untuk penyakit menular seksual dan mengobatinya hingga sembuh sebelum hamil.
    • Istirahat yang cukup, hindari mengangkat beban yang berat
    Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes