Tanya Dokter

  • habis operasi caesar berapa tahun baru bisa hamil lagi?

  •  Rhisma Yoes
    Anggota

    Ass.dok saya mau nanya kan saya habis lahirin 9bln ♉ªⁿỢ̥ lalu,tadix dikira dokter saya lahiranx normal. N sy juga senang waktu pmbukaan 8 dokter srh siap2 ktx bayix d hampir kluar,tp dipmbukaan 10bayi g mau kluar dokter d berusaha semampux tp g bisa ktx d kering kplx mlngket bgn pnggul kiri pdhl sy diinfus dimsukin cairan ♉ªⁿỢ̥ membantu dorong sidede didlm perut tp semuax sia2,g Ǟϑǟ pilihan lain klu mau sidede selamat operasi caesar j g Ǟϑǟ jln lain trpksa sy terima,♉ªⁿỢ̥ sy mau tx dok kira2 brp thn lagi baru saya bisa hamil lagi n apa slnjutx lahiranx g boleh normal °♧ȋƴӑα̇̇̇̊♧°???

    Hai, Pada garis besarnya, sebaiknya kita memberi jarak 18 -24  bulan  untuk kembali hamil setelah kita melakukan operasi caesar. Hal ini berlaku kurang lebih sama untuk persalinan normal. Namun saat terbaik untuk hamil tidak serta merta berpatokan pada waktu diatas. Saat terbaik  untuk hamil berbeda pada setiap wanita tergantung kondisi yang mereka miliki. Pemilihan waktu tersebut diatas didasarkan kepada kondisi ibu/ wanita yang baru saja melahirkan. Pertimbangan yang diambil biasanya karena:

    1. Dengan operasi caesar seorang wanita / ibu kehilangan darah yang lebih banyak dibandingkan persalinan normal, sehingga butuh waktu untuk mengembalikan kondisi tubuh si ibu kembali seperti sedia kala.
    2. Jarak kehamilan yang terlalu dekat (< 6 bulan ) meningkatkan resiko komplikasi pada kehamilan selanjutnya seperti berat bayi lahir rendah, bayi lahir prematur dll.
    3. Seorang wanita juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan peran barunya sebagai seorang ibu sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi bayinya.
    4. Luka/ sayatan yang dibuat saat operasi biasa baru sembuh 100 % setelah jangka waktu 3 bulan setelah operasi, namun semakin lama rahim tidak mengalami proses kehamilan lagi maka proses penyembuhan akan semakin baik juga akan memperkecil komplikasi yang akan timbul pada kehamilan berikutnya dan memperbesar kemungkinan Anda untuk melahirkan secara normal pada persalinan berikutnya.
    Namun jika Anda kembali hamil sebelum rentang waktu diatas,Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan  beberapa hal dibawah ini jika Anda kembali hamil < 18 bulan :
    1. Rutin memeriksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan.
    2. Hindari latihan / aktivitas fisik yang berat.
    3. Komsumsi makanan dengan gizi seimbang.
    4. Hindari stress berlebih.
    Semoga bermanfaat. Salam, dr. Yusi

    Rhisma Yoes  mey rumondor
    Anggota
    Kalau 1tahun 8 bulan apa sudah boleh hamil???
    Rhisma Yoes  mey rumondor
    Anggota
    Kalau 1tahun 8 bulan apa sudah boleh hamil???