Tanya Dokter

  • bentol merah dan di tengahnya berisi air

  •  Nur Annisa
    Anggota

    Saya mau tanya nih ?? Penyakit saya tu dikulit . Ciri-cirinya kemerahan dan ditengah kemerahan itu ada bentol berisi air gitu . Pada daerah sekitar leher dan dada nih dok . Kira- kira penyakit apa ya dok ? Dan bagaimana cara mengobatinya dok ? Terima kasih dokter :) . Tolong dijawab ya dok :)

    Hai, Penyakit ruam pada kulit dengan bentol-bentol kecil berisi air dapat terjadi karena berbagai macam sebab, diantaraya :

    1. infeksi virus - seperti cacar air, herpes zooster
    2. infeksi parasit - seperti kudis (skabies), pedikulosis
    3. infeksi jamur - seperti kurap (tinea)
    4. biang keringat (miliaria)
    5. dan lainnya
    Untuk menentukan apa yang menjadi penyebab dari keluhan kulit yang Anda alami maka perlu adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter perlu untuk menanyakan lebih lanjut mengenai keluhan Anda, seperti sejak kapan timbulnya, apakah disertai gatal / perih, mulai muncul di daerah mana, dan lainnya. Selain itu dokter perlu untuk melihat langsung bentuk serta persebaran ruam, melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lain yang diperlukan, seperti pemeriksaan lab dari sampel kulit. Pengobatan yang diberikan akan berbeda tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebab keluhan kulit yang Anda alami. Pengobatan yang salah bukan hanya tidak menyembuhkan, namun ada yang dapat menyebabkan keluhan menjadi memburuk. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan agar tidak memperburuk keluhan tersebut :
    1. jaga kebersihan tubuh
    2. jangan menggaruk area lesi kulit
    3. jangan memecahkan bentol yang berisi air tersebut
    4. cegah daerah lesi kulit agar tidak lembap
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.