Tanya Dokter

  • Efek samping obat hormon

  •  Farah Hana
    Anggota

    Dok, minum obat hormon agar dapat haid berbahaya atau tidak? Katanya dapat menyebabkan kanker?

    Selamat Malam, Obat memiliki potensi efek samping namun mengenai terapi hormon dapat menyebabkan kanker tentu tidak dapat disimpulkan begitu saja tanpa mengetahui apakah obat hormon yang Anda maksudkan. Biasanya apabila mengalami gangguan haid, obat yang digunakan untuk memperlancar haid membutuhkan resep dokter dan merupakan golongan obat keras yang tidak dijual bebas (perlu resep dokter untuk menebus obat tersebut). Sehingga pemberian obat pelancar haid tentu saja setelah melalui pertimbangan medis dari dokter yang meresepkannya. Apabila diminum sesuai dosis dan anjuran dokter tentu saja akan lebih aman. Anda dapat menanyakan perihal potensi efek samping dari terapi yang dilakukan dengan dokter yang meresepkan obat tersebut. Hindari mengkonsumsi obat pelancar haid tanpa resep dokter atau tanpa terlebih dahulu memeriksakan kondisi ke dokter.   Salam, dr.Debby Phanggestu