Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika pengaman terlepas saat berhubungan intim

  •  kakaR
    Anggota
    Siang dok..dok saya mau tanya!!! Misalkan kita berhubungan ketetika lgi haid trus pake kondom dan kondom nya lepas,tinggal d dlm vagina!!! Setelah itu kondom nya keluar!! Berhubungan ketika haid,dan kita buang di dalam,berkemungkinan bisa hamil gak dok???

    Hai,

    Secara teoritis, sepanjang terdapat kontak antara air mani dengan vagina, kehamilan bisa terjadi. Kemungkinan hamil akan lebih besar pada saat berhubungan badan di masa subur. Masa subur ialah periode waktu menjelang terjadinya ovulasi / pelepasan sel telur, yang terjadi lebih kurang 2 minggu sebelum haid berikutnya datang. Periode waktu ini diberikan batas lebih dan kurang 3 hari, sehingga total masa subur adalah sekitar 1 minggu. Misalnya, ditaksirkan bahwa seorang perempuan akan haid di tanggal 28, maka ovulasi ditaksirkan jatuh pada tanggal 14 dan masa suburnya ialah tanggal 11-17.

    Di luar masa subur, kemungkinan hamil tetap ada, hanya saja tidak sebesar jika hubungan badan dilakukan pada masa subur. Hal ini juga berlaku pada kasus hubungan badan pada saat haid. Kondom memberikan pencegahan terhadap kehamilan, namun tidak 100%; angka keberhasilan KB menggunakan kondom ialah sekitar 92% dengan pemakaian yang benar. Pemakaian yang tidak benar (mis. terlepas) akan menurunkan angka keberhasilan KB.

    Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan cukup jelas.

    dr. Radius Kusuma