Tanya Dokter

  • Keluar lendir berwarna coklat muda dari vagina

  • Dok knapa ya tdi pagi pas bangun saya periksa ada warna coklat muda gitu dok yg kluar dr vagina saya hampir mirip sperti tanah dok warna coklat muda dok itu knapa ya dok?

    Hai Wulan,

    Kondisi yang Anda alami merupakan suatu keputihan berwarna coklat, di mana hal ini dapat merupakan kondisi yang normal maupun tidak. Seorang wanita secara normal dapat mengalami keputihan berwarna coklat pada saat ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur yang menandai masa subur), yaitu terjadi 14 hari sebelum menstruasi yang berikutnya.

    Pada awal kehamilan sebagian wanita secara normal dapat pula mengalami keputihan berwarna coklat akibat perdarahan implantasi, yaitu perdarahan yang terjadi saat penanaman janin pada dinding rahim. Perdarahan implantasi terjadi 6-12 hari setelah pembuahan dan umumnya hanya berlangsung selama 1-2 hari. Selain itu pada saat mengalami kelelahan atau stres seorang wanita dapat pula mengalami keputihan berwarna coklat, di mana kondisi ini merupakan hal yang normal sepanjang tidak disertai dengan gejala lain.

    Namun demikian, keputihan berwarna coklat dapat pula merupakan kondisi yang tidak normal akibat adanya masalah medis tertentu seperti:


    Apabila keputihan coklat yang Anda alami hanya terjadi sesekali, misalnya pada pertengahan siklus menstruasi atau saat mengalami kelelahan atau stres, maka kondisi ini tergolong normal dan tidak perlu dikuatirkan. Namun jika keluhan terus berulang maka sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri dan diberikan penanganan yang tepat.

    Berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kebersihan organ intim
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan katun dan tidak ketat, serta menggantinya secara rutin
    • Jangan terlalu lelah dan membatasi aktivitas yang berat
    • Menjaga berat badan ideal
    • Meminimalisir stres


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penyebab keputihan berwarna coklat

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman