Tanya Dokter

  • Penyebab darah haid menggumpal

  • Malam dok, saya mau tanya kadang2 darah haid saya menggumpal tp terkadang tidak menggumpal sama sekali. Apakah itu normal dok?

    Halo Monica,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Pada saat menstruasi biasanya terjadi peluruhan pada dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. saat ini biasanya tubuh melepaskan zat-zat antikoagulan yang dapat menyebabkan darah haid yang keluar menjadi encer. Tetapi pada saat awal haid dimana volume darah masih dalam jumlah banyak,biasanya koagulan ini belum bekerja secara maksimal sehingga darah yang keluar tidak encer tapi bergumpal,hal ini umum terjadi pada hari pertama dan kedua haid dimana jumlah darah haid masih cukup banyak. Tetapi anda harus waspada dan berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan jika darah haid anda bergumpal dalam jumlah yang cukup banyak,nyeri yang dirasakan terus menerus,menstruasi dalam waktu lebih dari 7 hari,banyaknya darah haid yang keluar. Kondisi medis yang berkaitan dengan gejala anda dapat berupa:
    1. Mioma
    2. Kanker serviks
    3. radang panggul
    4. Keguguran
    5. Endometriosis
    6. DLL
    Sangat disarankan anda memperhatikan perubahan pada siklus haid anda,warna haid,serta gejala-gejala yang terjadi,istirahat cukup,manajemen stress serta konsumsi makanan yang bergizi. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat. Salam dr. Celleen