Tanya Dokter

  • Tidak mendapat menstruasi setelah lepas KB suntik 3 bulan

  • malam dok . sebelumnya maaf mengganggu waktunya . saya ingin bertanya . saya berumur 20th dan saya sudah menikah mempunya anak 1. saya melakukan suntik KB 3 bulan . tapi sekarang saya sudah melepasnyaa . kirakira sekitar 2 bulan yang lalu . tapi sampai saat ini saya belum haid dok . saya sudah melakukan tespek tapi hasilnya negatif . saya sering merasakan sakit dibagian punggung bahkan merasakan sembelit . tapi tidak terjadi haid . sesekali saya suka ngeflek . darahnya berwarna kecoklatan pekat . saya juga suka merasakan seperti ada yang berdenyut di perut saya .. apakah ada gangguan haid atau saya hamil ? trmks dok.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Keluarnya bercak pendarahan atau flek dari vagina dapat diakibatkan oleh :

    • efek samping pasca penggunaan kb suntik
    • gangguan hormonal
    • tanda terjadinya pembuahan / kehamilan
    • masa subur
    • infeksi pada rongga panggul
    • polip di rahim

    Gangguan menstruasi yang Anda rasakan bisa jadi merupakan efek samping dari penggunaan kb suntik tsb ataupun kehamilan. Untuk itu mengetahui penyebab pastinya, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan. Pemeriksaan penunjang seperti USG mungkin akan disarankan oleh dokter. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab pasti dari kondisi Anda. Jika memang akibat penggunaan dan penghentian kb suntik, maka biasanya dokter akan melakukan observasi selama beberapa bulan untuk memastikan hormon Anda telah kembali seimbang seperti dahulu. Jika terjadi kehamilan, maka dokter akan menyarankan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik agar kehamilan berjalan lancar.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti