Tanya Dokter

  • Nyeri perut bagian bawah saat menstruasi

  •  NaylS
    Anggota
    Selamat siang dok, umur saya 21 tahun. Saya pernah memiliki kista di rahim saya tapi sudah hilang. Namun akhir-akhir ini saat menjelang haid saya sering merasa nyeri hampir 1 minggu di perut bawah puser lalu saat haid lebih dari tiga hari nyerinya tidak kunjung hilang. Apakah ada kemungkinan kistanya muncul kembali dok? Terima kasih dokter.

    Nay yang baik,

    nyeri yang berkaitan dengan haid biasanya disebabkan oleh kontraksi dari dinding rahim untuk meluruhkan jaringan yang tadinya dimaksudkan sebagai tempat implantasi sel telur apabila terbuahi oleh sel sperma melalui proses hubungan intim. Nyeri yang timbul ini disebut juga dengan dismenore primer. Nyeri dismenore primer ini umumnya dapat dijalani oleh kebanyakan wanita tanpa keluhan yang berarti. Namun demikian ketika nyeri tersebut dirasakan cukup mengganggu, atau bahkan tak tertahankan lagi, maka kondisi dismenore sekunder bisa dicurigai. Dismenore sekunder merupakan nyeri berkaitan dengan haid, yang timbulnya dipengaruhi oleh kondisi lain selain haid. Beberapa kondisi tersebut antara lain :

    • endometriosis atau adanya jaringan rahim di luar struktur rahim, kadang dapat pula berupa kista coklat
    • tumor jinak rahim atau fibroid
    • penyakit radang panggul
    • pemakaian KB dalam rahim
    • penyempitan leher rahim

    Nyeri untuk sementara dapat dikurangi dengan penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Namun demikian jika nyeri terlampau mengganggu, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai nyeri haid. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief