Tanya Dokter

  • Perut terasa nyeri hebat disertai pengeluaran flek coklat setelah lepas KB

  • Malam dok, saya IRT ank usia 2 tahun, sya pakai KB suntik 3 bln selama 1,5 thn, bulan des 2016 saya berhnti KB karna ingin program ank ke 2, bln jan sya blm dpt haid, di buln feb sya minum pil KB mycrogynon yg kta orang buat mancing haid, lalu di bln maret awal saya flek slma 3 hari, di bulan apr minggu ke-2 sya merasakkan sakit dibawah perut, sya pikir akan haid tp ternyta hanya flek lgi itu pun cm sehari, akhirnya sy tespeck krna baca di mbah google itu tanda2 hamil tp hasil dri TP negatif, lanjut bln mei, tepat nya hri ini siang tgl 20 sya merasakan sakit yg teramat seperti mau lahiran tp bru pembukkaan 5 lagi2 itu flek disiang hri yg bikin aneh mlam nya udh ga flek lgi, yp perut msih kerasa sakit, mohon beri penjelasan apa yg terjadi ?...terima kasih dok

    Hallo Bunda Yolanda, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Suntik KB merupakan salah satu alat kontrasepsi hormonal yang banyak digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Suntik KB terdiri dari 2 jenis yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. 

    Beberapa kelebihan dan kekurangan suntik KB 3 bulan :

    Kelebihan suntik KB 3 bulan :

     

     

    • Tidak berinteraksi dengan obat-obatan lain.
    • Aman untuk ibu menyusui
    • Berguna bagi wanita yang tidak dapat menggunakan kontrasepsi yang mengandung estrogen.
    • Lebih praktis daripada alat kontrasepsi pil KB
    • Jika ingin berhenti, cukup hentikan saja pemakaiannya tidak perlu kembali kebidan atau ke dokter
    • Dapat memberikan perlindungan terhadap kanker rahim dan penyakit radang panggul.

      Kekurangan suntik KB 3 bulan:

       

       

      • Dapat menimbulkan efek samping seperti : sakit kepala, peningkatan berat badan, nyeri payudara, pendarahan, dan menstruasi tidak teratur. Efek ini bisa terus terjadi selama penyuntikan berlangsung karena kandungan suntikannya akan terus berada dalam tubuh.
      • Perlu waktu lama mungkin hingga setahun setelah berhenti suntik untuk mengembalkan kesuburan. Hal ini membuat kontrasepsi jenis ini tidak dianjurkan untuk mereka yang ingin segera memiliki anak.
      • Tidak memberikan perlindungan dari penyakit menular seksual 

        Jadi keluhan - keluhan yang anda alami menunjukkan bahwa terjadi gangguan menstruasi pada diri anda sebagai akibat dari penggunaan suntik KB ini. Mungkin memerlukan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan efek kandungan suntik KB tersebut dari dalam diri anda, sehingga siklus menstruasi anda dapat kembali normal dan kesuburan pun kembali seperti sedia kala. Selain itu, semua keluhan tersebut diatas bukanlah suatu tanda pasti kehamilan.

        Jika keluhan anda terus berlanjut atau semakin memberat, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti USG, agar dapat ditegakkan diagnosis pasti dari keluhan yang anda alami. 

         

        Artikel lain yang dapat anda baca seputar topik yang sama :

        Semoga informasi ini bermanfaat :')

         - dr. Lia N. Amalina