Tanya Dokter

  • Menstruasi berhenti pada usia 45 tahun, apakah menopause?

  • Pagi Dokter,saya belum usia 45 tahun belum menikah dan haid berhenti bulan juli 2017, Pertanyaan saya : 1.apakah saya sudah masuk masa menopusae 2.sebelum juli saya kecelakan di trabak motor dan tertiban motor saya ,posisi tertiban motor di sebelah kanan dàn sampai sekarang sebelah kanan masih bengkak tapi untuk jahitan di telapak tangan kanan sudah kering . 3.apa menoupasue badan bisa jadi gemuk karena saya merasakan berat badan naik.

    Dear Endang,

    Menopause merupakan masa di mana siklus menstruasi berhenti. Semua wanita akan mengalaminya seiring berjalannya waktu. Umumnya terjadi pada usia 50-an. Namun dapat juga terjadi pada usia sebelum 40 tahun, yang disebut menopause dini. Menopause dini belum diketahui penyebabnya namun faktor genetik atau penyakit autoimun diduga berperan dalam proses ini.

    Selain karena faktor alami, menopause juga bisa dipicu oleh:

    • tindakan medis, seperti operasi pengangkatan rahim atau ovarium.
    • pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi, namun siklus menstruasi bisa normal lagi setelah proses kemoterapi dan radioterapi berakhir.
    • kondisi medis tertentu, contohnya sindrom Down atau penyakit Addison.


    Kecelakaan yang sudah lama terjadi dan tidak mengenai organ secara langsung umumnya tidak menyebabkan menopause.

    Saat seseorang wanita mengalami menopause, terjadi perubahan hormonal dalam tubuh. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang melambat. Hal ini bisa memicu pertambahan berat badan.

    Sebelum seorang wanita mengalami menopause, beberapa tahun sebelumnya dapat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur seperti mengalami keterlambatan menstruasi atau volume darah menstruasi yang sedikit.

    Jika Anda mengalami keluhan seputar menstruasi dan organ reproduksi, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan (Sp.OG).

    Artikel yang bisa Anda baca:

    Menopause

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony