Tanya Dokter

  • haid berkepanjangan

  • dokter saya mau tanya,saya kan di kb suntik yang 3bln sekali,namun haid terus kadg dlm wktu sebulan itu hampir haid semua ,kadg sedikit2 kadng banyak,,apakah saya harus ganti kb??

    Hai Irma Pada penggunaan KB suntik 3 bulan terutama pada awal, akan menyebabkan haid yang tidak teratur, dimana haid cenderung lebih sering, dan berkepanjangan. Setelah beberapa bulan dan penyuntikan selanjutnya, justru hal yang terjadi sebaliknya yaitu tidak haid sama sekali. Ini merupakan efek samping normal yang dapat terjadi pada penggunaan suntik KB 3 bulan akibat ketidakseimbangan hormonal tubuh pengaruh dari hormon KB. Respon efek samping ini tidak selalu sama pada setiap wanita, tergantung dari adaptasi dari hormon dalam tubuh. Setiap metode ber-KB memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada penggunaan KB suntik 1 bulan umumnya siklus haid lebih teratur dibandingkan dengan 3 bulan. Bila Anda tidak menginginkan perubahan siklus haid, maka dianjurkan untuk penggunaan KB non hormonal seperti IUD, misal spiral copper T. Penyebab lain yang juga dapat mengakibatkan haid berkepanjangan adalah adanya gangguan pada rahim misal:

    • Penebalan endometrium
    • Miom rahim
    • Infeksi
    • Dan sebagainya.
    Namun penyebab diatas biasanya akan disertai gejala lain. Untuk memastikannya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Menimbang kelebihan dan kekurangan suntik KB Mewaspadai siklus haid yang tidak normal Memilih alat kontrasepsi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william