Tanya Dokter

  • haid berkepanjangan

  • dokter saya mau tanya,saya kan di kb suntik yang 3bln sekali,namun haid terus kadg dlm wktu sebulan itu hampir haid semua ,kadg sedikit2 kadng banyak,,apakah saya harus ganti kb??

    Halo,   Penggunaan KB hormonal jenis suntik 3 bulanan memang bisa memberikan efek samping suntik KB  yaitu gangguan menstruasi pada awal pertama penyuntikan. Biasanya keluhan akan membaik setelah tubuh beradaptasi (+/- 3 bulan). Jadi untuk sementara biarkan tubuh Anda beradaptasi terlebih dulu, jika selama 3 bulan perdarahan terus menerus terjadi maka Anda bisa mengganti jenis KB Anda saat waktu penyuntikan lanjutan tiba. Untuk menghindari komplikasi akibat perdarahan yang banyak maka sebaiknya Anda makan gizi seimbang, banyak minum air putih, minum suplemen penambah darah dan cukup istirahat. Jika terasa pusing, berkunang, lemas dll segera periksakan kondisi Anda ke dokter terdekat. Baca topik Suntik KB 3 bulan, kelebihan dan kekurangan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi