Tanya Dokter

  • haid istri tidak teratur

  • dok, mau tanya..sebelumnya istri saya menggunakan KB Inplan tiga bulan pertama tidak haid, kemudian ke 4 bulannya haid selama 1 bulan..setelah itu tidak haid lagi selama 3 bulan, kemudian ke4 bulannya haid selama 1 bulan lagi begitu berturut-turut selama 9 bulan..kemudian dia buka inplannya pada saat dia berhenti dari haid 1 bulan penuh..eh satu minggu kemudian haid lagi..padahal inplannya sydah dicabut...

    pertanyaannya..apakah haidnya yang tidak teratur masih berhubungan dengan KB inplannya..?

     

    Hello, Salah satu efek samping yang dapat dituimbulkan oleh penggunaan alat kontrasepsi implant adalah perdarahan yang tidak teratur. Sebagian besar dari pengguna alat kontrasepsi tersebut bahkan dapat menyebabkan berhentinya atau semakin jarangnya siklus haid. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan kadar hormone setelah melakukan pemasangan implant. Setelah dilakukannya pelepasan alat implant dari dalam tubuh, biasanya tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan siklus menstruasi yang normal seperti sebelum dilakukan pemasangan. Waktu yang diperlukan sangat bervariasi dari individu ke individu dengan rata-rata sekitar 3 sampai 12 bulan. Konsultasikan pada dokter yang memasangkan implant ini, apabila gejala ini mengganggu istri Anda. Berikut adalah laman yang membahas keuntungan dan kerugian alat kontrasepsi implant : http://www.alodokter.com/memilih-alat-kontrasepsi http://www.nhs.uk/Conditions/contraception-guide/Pages/contraceptive-implant.aspx Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean