Tanya Dokter

  • Haid lebih dari 8hari

  •  Ika kar
    Anggota
    Pagi dok.. Saya pake kb suntik 1bln udah 9bln ,haid tidak teratur 3bln sekali,sblm kb suntik 1 bln saya pake suntik 3bln karna asi.terakhir haid bulan agustus normal normal aja... Sya harus kb lagi tgl 3nov,tp 1nov kmren saya haid dan saya rencana kb lagi setelah beres haid karna klo lagi haid d suntik suka berhenti sedangkan sya 3bln ga haid ,sehari seblm haid saya merasakan sakit yg ga biasa mules panas punggung,pertama saya alami,dan akhir ny saya haid..nah sekarng udah 8hari darah haid masih bnyk dok,keluar gumpalan2 darah tanpa sakit..awal awal ga bnyk setelah hari ke5 darah semakin deras..saya udah konsul k bidan sya,tp kata ny gpp.tp sya waswas karna pertma kali ngalamin kaya gini haid lama dan gumpalan2...terimaksih dok

    Hai Ika,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Menstruasi yang normal bisa berlangsung 2 hingga 8 hari. Jadi, menstruasi yang berlangsung selama 8 hari sesungguhnya belum tentu merupakan suatu kelainan.

    Menstruasi yang deras dan bergumpal-gumpal sebagaimana yang Anda alami kemungkinan diakibatkan oleh darah menstruasi yang sebelumnya tidak dikeluarkan karena menstruasi yang tidak lancar. Kondisi ini bisa juga merupakan efek samping dari KB suntik yang Anda gunakan. Sebagaimana kita ketahui, KB suntik bekerja dengan cara memodifikasi keseimbangan hormon-hormon reproduksi yang bertugas meregulasi siklus menstruasi. Karena keseimbangan hormonal ini diganggulah, kerap kali terjadi menstruasi yang tidak beraturan. Rasa panas dan mulas yang terasa hingga ke punggung tersebut bisa terjadi karena kontraksi otot rahim dalam mengeluarkan darah menstruasi tersebut.

    Di samping karena efek samping KB, darah menstruasi yang deras dan bergumpal-gumpal bisa juga dipengaruhi oleh tekanan psikologis (misalnya stres, cemas), kelelahan, efek samping obat, dan sebagainya.

    Selama durasi menstruasi tidak melebihi 2 minggu, tidak terjadi perdarahan yang sangat masif (hingga menghabiskan lebih dari 10 pembalut dalam sehari), dan juga tidak terjadi nyeri menstruasi yang sangat hebat yang mengganggu aktifitas Anda sehari-hari, kemungkinan kondisi yang Anda alami masih wajar. Anda bisa lakukan dulu tips berikut untuk mengatasinya:

    • Perbanyak istirahat
    • Jangan melakukan aktifitas fisik terlalu berat
    • Perbanyak minum
    • Makan makanan yang banyak mengandung zat besi dan vitamin K
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Ganti pembalut secara berkala setiap kali terasa penuh untuk mengontrol jumlah perdarahan

    Namun, jika perdarahan tidak kunjung berhenti dalam 2 minggu, sebaiknya jangan ragu untuk memerksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG atau pemeriksaan lainnya ya.. Dikhawatirkan, perdarahan banyak yang Anda alami terjadi karena sebab lain, misalnya keguguran (abortus), endometriosis (pertumbuhan abnormal sel endometrium di luar rahim), penyakit radang panggul, kanker serviks (tumor ganas leher rahim), gangguan pembekuan darah, dan sebagainya.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah