Tanya Dokter

  • Menstruasi lebih dari dua minggu

  •  nurul anisa
    Anggota

    Sore dok, nama saya nurul anisa umur 22 tahun sudah menikah selama 9 bulan. Sudah 3 bulan belakangan ini haid saya lama sekali sampai 14 hari, trus yg bulan juli ini saya haid tgl 9 trus tgl 14 sudah bersih dan tgl 16 nya saya haid lg sampe skrang tgl 23 juli. Normal atau tidak ya dok? 2 tahun yg lalu saya ada kista 4cm tp sudah ilang kata dokter kandungan. Dan selama haid saya tidak merasakan apa2 seperti perut sakit, payudara sakit tidak dok. Mohon dijawab ya dok dan klo ada obat apa yg harus saya minum. Makasih :)

    Halo,   Periode menstruasi selama 2 minggu adalah hal yang abnormal. Lama periode menstruasi yang normal adalah berkisar 2-7 hari. Penyebab gangguan menstruasi yang Anda alami bisa dikarenakan :

    1. Gangguan hormonal
    2. Penggunaan KB = IUD, hormonal
    3. Stress psikis
    4. Jaringan luka dalam rahim
    5. Infeksi rahim
    6. Keguguran / kehamilan ektopik yang terganggu
    7. Penyakit radang panggul
    8. efek Pengobatan tertentu
    9. Gangguan pembekuan darah
    10. dll
    Untuk memastikan penyebab gangguan menstruasi Anda maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan akan melakukan tes medis seperti USG, tes darah dan CT SCAN jika perlu untuk mengetahui sumber permasalahan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. Perbanyak minum air putih dan suplemen penambah darah, berolahraga teratur serta makan gizi seimbang untuk mencegah komplikasi dari gangguan menstruasi Anda. Baca Gangguan menstruasi.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    nurul anisa  nurul anisa
    Anggota

    Terima kasih dokter :)