Tanya Dokter

  • Darah haid banyak serta badan lemas setelah kuretase

  • Hi dok. Trmksih sblum.na ats jwbn tim dokter alodokter.com Sya mw brtnya sya sdh mndptkn haid prtma stlah dua bln pasca curet tp haid sya darah.na bnyk bnget dn skit dilep perut dok. Bdn sy lemes gemetran Dn buat brdri atau brjln kpla sprti mlyang" klo brdri trlalu lama rsa.na mual" dok. Suhu bdn sya anget dok tp kaki sya dingin dn brkringt dok. It wajar kah dok.

    Halo Dheviesta AnggeLa, 

    Kuretase adalah tindakan untuk mengeluarkan jaringan dari dalam rahim. Kuretase bisa digunakan untuk pengobatan, ataupun untuk diagnosis. Kuret seringkali dilakukan untuk mengeluarkan sisa hasil konsepsi setelah keguguran, atau bisa juga mengeluarkan sisa plasenta (ari-ari) setelah melahirkan, hamil anggur (mola hidatidosa), janin tidak berkembang (blighted ovum). Selain itu kuret juga digunakan untuk membantu diagnosis, misalnya pada wanita dengan perdarahan dari rahim yang tidak jelas sebabnya.

    Nyeri perut setelah kuret biasanya wajar terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Haid pertama setelah kuret bisa terjadi lebih cepat maupun lebih lambat dari siklus sebelumnya. Kuretase umumnya aman dan bisa dilakukan dengan cepat, tetapi bisa terjadi komplikasi berupa: 

    • Infeksi, biasanya ditandai dengan demam, keluar cairan dari vagina
    • Perdarahan 
    • Kerusakan/cedera leher rahim
    • Sindroma Asherman, perlengketan pada bagian dalam rahim
    • Jaringan parut pada rahim

     

    Keluhan Anda sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan yang melakukan tindakan kuret pada Anda secepatnya untuk menentukan penyebabnya, mengingat perdarahan yang Anda rasakan banyak dan menyebabkan keluhan seperti pusing dan demam. Anda sebaiknya memastikan bahwa perdarahan yang Anda alami wajar. Dokter kandungan akan melakukan pengobatan yang sesuai dengan hasil pemeriksaan. 

    Baca juga: 

    Tips Pemulihan Setelah Kuret

    Salam, 

    dr. Mega