Tanya Dokter

  • Pendarahan paska kuret dan konsumsi vitamin E

  •  Layla Mawadah
    Anggota
    Hi dok, ini adalah haid kedua saya psca kuret. Rasanya sangat sakit seperti di sayat dan volume darah yg sangat banyak. Sama seperti haid pertama pasca kuret. Sangat berbeda sebelum saya kuret saya tdk pernah ada keluhan sakit perut ketika haid berlangsung. Apakah normal? Apa ada kemungkinan ada jaringan parut di rahim saya? Bagaimana ciri cirinya selain haid yg menyakitkan? Apa benar dengan mengkonsumsi vit e akan menjadikan saya semakin subur? Apakah anda bisa merekomendasikan dokter kandungan wanita dan muslim jika kiranya saya harus melakukan pemeriksaan USG lebih lanjut.
    Layla Mawadah  Layla Mawadah
    Anggota
    Saya domisili di jakarta. Mohon rujukan untuk dokter kandungan wanita

    Hai Layla,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Pasca kuret (dilation and curretage), kebanyakan wanita memang akan mengalami perdarahan untuk beberapa saat. Perdarahan ini tidak selalu menunjukkan pembentukan jaringan parut. Jaringan parut umumnya baru akan terbentuk dalam waktu yang lama setelah kuret, jadi bukan dalam 1 atau 2 hari.

    Perdarahan yang sangat banyak dan nyeri yang Anda rasakan pasca kuret bisa merupakan hal yang wajar sebagai bentuk mekanisme tubuh mengeluarkan darah dan sisa jaringan di rahim pasca kuret. Nyeri tersebut bisa diakibatkan oleh kontraksi otot rahim dalam mengeluarkan darahnya.

    Namun, jika perdarahan dan nyeri yang Anda rasakan sangat hebat, maka perlu juga dicurigai kemungkinan penyebab lain, misalnya:

    • Masih ada sisa jaringan yang tertinggal di rahim
    • Perforasi uterus (luka tembus pada rahim)
    • Cedera serviks (leher rahim)
    • Gangguan pembekuan darah, misalnya karena kelainan sumsum tulang, defisiensi vitamin K, dan sebagainya

    Untuk memastikannya, sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter spesialis kandungan. Umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan USG ulang untuk menilai kondisi organ reproduksi Anda pasca kuret. Selain itu, mungkin juga dilakukan pemeriksaan lain, seperti laboratorium, dan sebagainya. Kami tidak berwenang merekomendasikan dokter atau fasilitas kesehatan tertentu. Namun, Anda bisa menggunakan fitur terbaru di website ini untuk mempermudah pencarian Anda.

    Sebagai langkah awal untuk mengatasi keluhan Anda saat ini, sebaiknya perbanyaklah beristirahat, batasi aktifitas yang terlalu melelahkan, makan makanan bergizi, hindari rokok, alkohol, dan juga stres berlebihan.

    Vitamin E memiliki sifat sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan. Vitamin E sendiri sebenarnya tidak hanya terdapat di suplemen saja. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda dengan banyak mengkonsumsi almond, kecambah, biji-bijian, selada, bayam, kale, dan sebagainya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah