Tanya Dokter

  • Pengaruh pil KB pada keluarnya darah saat nifas

  • dok, kenapa ya haid saya setelah nifas keluarnya dibilang banyak ngga, sedikit juga engga tapi lama .. saya sudah kb pil, apa itu pengaruh dr pil kb apa gimana ya dok ? saya bingung masih harus melanjutkan untuk minum pil atau ngga, soalnya saya masih minum pil kb walau masih keluar darah haid .. gimana dok ? apa ga cocok kb apa gimana ya

    Hai Yetty,

    Setelah masa nifas, jika si Ibu masih menyusui eksklusif, umumnya menstruasi masih belum akan hadir. Menyusui merupakan KB alami bagi ibu menyusui. Selain tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lagi, dapat mengurangi dampak alat kontrasepsi, dan juga merupakan pilihan tepat untuk menyusui tanpa gangguan ASI akan keluar lebih sedikit. 

    Jika kemudian Anda menggunakan alat kontrasepsi pil KB setelah masa nifas, maka sebaiknya berkonsutasilah dengan dokter kandungan Anda, untuk pilihan pil KB yang sesuai bagi ibu menyusui.

    Menstruasi yang lama saat pemakaian pil KB dapat berlangsung sementara, tetapi ada juga yang berlangsung cukup lama. Kami sarankan agar Anda mengobservasinya kembali dalam beberapa waktu, untuk melihat apakah Anda akan melanjutkan pemakaian pil atau harus menggantinya dengan metode kontrasepsi lainnya.

    Jika pil Anda sudah habis tetapi menstruasi masih tetap berlangsung, maka Anda dapat menghentikan pemakaiannya, sampai kemudian menstruasi berhenti dan Anda kembali memakai pil KB kemasan yang masih baru.

    Baca: Efek samping pil KB

    Saran kami:

    • Menyusuilah eksklusif bagi bayi Anda, hindari pemakaian susu formula sehingga Anda tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi hormonal dalam beberapa bulan. Biasanya sampai dengan 6 bulan.
    • Berkonsultasilah dengan dokter lebih lanjut tentang menstruasi lama Anda ini. Ketidakseimbangan hormonal paska melahirkan atau akibat pil KB dapat menyebabkan hal ini. Tetapi umumnya tidak akan berlangsung lama
    • Banyak minum, gunakan suplemen tambah darah jika perlu, terutama jika menstruasi berlangsung lama.
    • Pastikan istrahat Anda cukup setiap harinya, dan hindari stres

    Semoga dapat membantu