Tanya Dokter

  • Haid sedikit, berbau dan menggumpal

  •  Najwa Najla
    Anggota
    Halo dok... Saya memakai kb inflan/susuk sudah dua tahun, selama dua tahun saya tidak haid. sekarang saya sudah haid dan ini yang kedua kalinya tetapi tidak banyak seperti yg pertama atau sangat sedikt dan agak lebih berbau serta menggumpal berwarnah kecolatan. Apakah haid saya ini masih tergolong sehat?

    Terima kasih Najwa Najla atas pertanyaannya di forum Alodokter, penggunaan kb hormonal (termasuk implan) umumnya dapat menimbulkan efek samping dalam masalah menstruasi. Pada kondisi yang normal menstruasi berkisar antara 2 hingga 7 hari disertai dengan volume darah sekitar 30 hingga 40 ml pada tiap siklusnya. Namun perlu diketahui bahwa darah menstruasi terkadang yang dikeluarkan tidak selalu encer, dimana hal ini juga dapat timbul dalam bentuk yang mengental dan bergumpal-gumpal. Biasanya kondisi ini terjadi pada saat menstruasi tidak langsung keluar sehingga darah membeku di dalam rahim sebelum akhirnya keluar. Selama kondisi ini tidak disertai keluhan lain, seperti menstruasi yang berlebih atau disertai dengan nyeri perut yang hebat biasanya kondisi ini tidak berbahaya. Akan tetapi tetap Saudari perlu mengetahui terdapat gangguan medis tertentu yang juga dapat menimbulkan masalah menstruasi yang bergumpal-gumpal seperti:
    - kondisi endometriosis
    - abortus
    - polip rahim
    - mioma
    - penyakit radang panggul

    Pada kondisi yang demikian bila keluhan yang Saudari rasakan terus berlanjut atau bahkan timbul beberapa gejala lainnya yang menyertai sebaiknya hal ini dapat diperiksakan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan guna mengetahui penyebab dari kondisi yang dialami saat ini.

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra