Tanya Dokter

  • menstruasi berkepanjangan setelah mengkonsumsi profertil

  • selamat pagi dokter, Saya Noma,26 thn. Saya menikah sudah 15bln blum dikasih momongan.tgl 17oktober Saya dan suami bersepakat untuk periksa ke dokter spesialis kandungan. Setelah diperiksa dan kondisi rahim dinyatakan normal,lalu saya diberi resep Profertil 10pcs dan harus dihabiskan selama 5hri.tapi haid saya sampai hari ini tak kunjung selesai Dok,sudah hmpir 1bln,malah ini darah semakin banyak yg keluar,padahal kemarin sudah tanda-tanda hampir selesai. Bagaimana ini Dokter, apa ini memang pengaruh obat,apa ada kelainan Dok? Trimakasih.

    Halo Noma, Profertil merupakan obat hormonal yang mengandung clomiphene citrate 50 mg. Obat ini diperuntukkan bagi kasus infertilitas/kemandulan, baik pada pria ataupun wanita. Khusus bagi wanita, profertil digunakan pada pasien dengan amenore (tidak haid setidaknya selama 3 bulan berturut-turut) ataupun perdarahan uterus disfungsional dengan ganguan ovulasi (pelepasan sel telur oleh ovarium). Obat ini berperan menunda dan memperbaiki pematangan sel telur agar lebih siap dibuahi sehingga kemungkinan hamil menjadi lebih besar. Karena termasuk dalam obat keras, maka dianjurkan mengikuti petunjuk yang diberikan dokter kandungan Anda dan kontrol kembali di waktu yang telah ditetapkan. Selain itu, temuilah dokter bila muncul efek samping dari obat ini, yaitu :

    • gangguan haid, baik terhenti ataupun memanjangnya haid
    • gangguan lambung
    • ruam kulit
    • pembesaran ovarium, bahkan bisa mencetuskan kista
    • kehamilan multipel (lebih dari 1 janin dalam kandungan)
    Dokter akan menentukan langkah penanganan yang tepat bagi keluhan Anda setelah melakukan pemeriksaan ulang terhadap respon terapi. Diskusikanlah hal ini dengan dokter yang memeriksa Anda secara langsung karena dokter tersebut yang paling memahami kondisi kesehatan organ reproduksi Anda. Silahkan baca juga artikel tips cepat hamil Demikian, semoga bermanfaat dr.Lili