Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi tidak lancar setelah berhenti KB suntik

  •  Siti Metia
    Anggota

    siang dok.sya mau tnya sya udah 3 thun KB sntik yg 3 bln.skrang dah brhnti hampr 1 thn tp haid sy tdk lancr cm 2 hri dlm satu bln.kr knp.dan gmn biar cpt hamil. mksih......

    Hai Siti Salah satu efek samping KB hormonal seperti pil, suntik atau susuk adalah adanya ketidakteraturan atau gangguan siklus haid. Pada suntik KB 3 bulan dalam jangka waktu yang lama, efek samping yang sering timbul adalah tidak datang haid sama sekali. Ini merupakan hal yang normal dikarenakan ketidakseimbangan hormonal efek dari KB tersebut. Bila telah suntik KB 3 bulan dalam jangka waktu cukup lama dan ingin hamil, sebaiknya menghentikan KB tersebut dari jauh hari, dikarenakan efek kembali kesuburan dari KB 3 bulan cukup lama karena biasanya walaupun suntik KB sudah dihentikan tetap tidak haid selama beberapa bulan. Semakin lama jangka waktu suntik, semakin lama juga kembalinya kesuburan. Haid akan kembali normal teratur dan kesuburan akan kembali setelah hormon tubuh kembali beradaptasi. Untuk membantu mempercepat kesuburan dan "memancing" agar haid kembali menjadi normal, terkadang dokter memberikan obat hormonal untuk mengatur siklus haid. Namun sebelum itu diperlukan pemeriksaan oleh dokter, test pack, dan juga dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah adanya kelainan pada rahim dan indung telur seperti kista ovarium, PCOS (sindrom polikistik ovari) dan lainnya. Untuk membantu haid kembali normal, yang dapat Anda lakukan antara lain:

    • Tidak terlalu lelah dengan beristirahat cukup
    • Olahraga rutin secara teratur
    • Mengurangi berat badan bila berlebih
    • Mengurangi stres
    • Makan makanan bergizi
    • Dan lainnya.
    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut: Menimbang kelebihan dan kekurangan suntik KB Mewaspadai siklus haid yang tidak teratur. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william