Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi haid yang terasa sakit

  •  Ronnifa
    Anggota

    Dok,saya mau tanya. Kenapa stelah menikah,stiap haid perut terasa lebih sakit bahkan sperti demam,badan terasa menggigil dan mual. Dan bln ini saya haidnya terlambat 2 hari,keluarnya jga tdk terlalu banyak sperti biasanya,tetapi sakitnya luar biasa smpai tdk bsa bangun. Kira" apa penyebabnya,dan bgaimana cara mengatasinya?

    Dear Ronnifa, Nyeri saat menstruasi dapat merupakan nyeri yang normal akibat kontraksi otot rahim yang kuat di hari awal siklus menstruasi. Kontraksi otot ini membuat suplai darah dan oksigen terputus ke dinding rahim. Hal inilah yang menyebabkan mediator nyeri dilepaskan sehingga rasa nyeri muncul. Nyeri yang wajar ini dinamakan dismenore primer. Selain itu dapat terjadi dismenore sekunder akibat penyebab lain, di antaranya:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah dan USG dapat dokter anjurkan . Terapi yang sesuai dengan diagnosis akan dokter berikan. Anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • saat terasa nyeri, Anda dapat mencoba berbaring sambil mengangkat kaki ke atas
    • usahakan memiliki berat badan yang normal
    • hindari merokok dan minum minuman beralkohol
    • Anda dapat minum parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit
    Artikel yang dapat Anda baca: Penyebab nyeri haid yang tidak tertahankan Semoga bermanfaat dan salam, dr. Rony Wijaya