Tanya Dokter

  • penyebab menstruasi berkepanjangan

  •  Nieza Elridlo
    Anggota
    Assalamualaikum... Mw tanya,sy sedang promil.dan di beri obat blesifen 10 tablet da metformin untuk diminum slama 1 bulan.. Tp krna saat minum selalu mual.. Sy berhenti di minggu ke 2... Sekarang sya haid sudah 8 hari, dan masih banyak darah yang keluar.. Apa ini efek dari obat2 di atas?? Untuk di ketahui,kata dokter penyebab sy tk kunjung hamil adalah sel telur terlalu kecil..

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Menstruasi adalah siklus yang dialami wanita dimana terjadi perubahan pada hormon wanita sehingga menyebabkan peluruhan dari dinding rahim. Normalnya, siklus menstruasi berlangsung 21-35 hari. fase haidnya 3-7 hari dengan volume darah yang keluar 30-70 mililiter dan paling banyak di hari pertama dan kedua. Jika  volume darah yang keluar berlebihan maka disebut menoragia. Biasanya menstruasinya berlangsung lebih dari 7 hari dan darah yang keluar banyak sehingga harus sering mengganti pembalut. Penyebab menoragia ini beragam, diantaranya adalah : 

    1. Gangguan hormonal , bisa diakibatkan oleh stres 

    2. Sinrom ovarium polikistik

    3. Hiperplasia endometrium

    4. Penyakit radang panggul

    5. Adenomiosis

    Anda sebaiknya memeriksakan diri Anda ke dokter Sp.OG untuk mengetahui penyebab kondisi Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada Anda dan jika dibutuhkan dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Obat blesifen merupakan obat yang berisi clomifen sitrat yang biasanya digunakan untuk gangguan ovulasi (pematangan sel telur). Sementara menformin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Anda sebaiknya mengonsultasikan pengobatan Anda dengan dokter yang merawat Anda. 

    Beberapa anjuran untuk Anda : 

    1. Hindari stres berlebih

    2. Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari

    3. Makan makananan yang sehat, bergizi, dan seimbang

    4. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, hati, atau bayam

    Semoga membantu, 

    Salam , 

    dr. Angga