Tanya Dokter

  • Penyebab haid terlambat

  •  Irshan Rivai
    Anggota
    Dok saya ingin bertanya, pacar saya siklus haidnya setiap tanggal 9/10. Terus saya ML dengan dia pada tanggal 6 (memakai kondom) terus keluarnya juga diluar dok, tp sampe tanggal 14 dia belum haid dok, itu gimana dok?

    saya pernah mengalaminya mungkin tegang atau gimana malah pernah telat jadi 2 bulan

    Hai Irshan. Secara umum, senggama terputus atau melakukan hubungan seksual namun ejakulasi di luar dahulunya merupakan salah satu metode kontrasepsi namun karena resiko kegagalan tinggi, cara ini mulai ditinggalkan. Hal ini terutama ketika si pria tidak sadar atau telat mengeluarkan sehingga sperma sudah sebagian terkeluarkan di dalam. Jika anda yakin memang anda tidak ejakulasi sama sekali di dalam, maka dapat dikatakan kehamilan tidak terjadi. 

    Secara umum sendiri, menstruasi dapat terlambat dikarenakan 

    1. Pola hidup yang kurang sehat seperti pembatasan asupan makanan berlebihan, kelelahan fisik serta kurang istirahat

    2. Stress psikis

    3. Adanya kondisi klinis tertentu seperti radang panggul, sindrom polikistik ovarii, endometriosis

    4. Kehamilan

    Untuk memastikan kehamilan sendiri, dapat dilakukan pemeriksaan kehamilan dimana yang paling praktis dan mudah adalah dengan testpack. Pemeriksaan ini melakukan pemeriksaan hormon kehamilan dalam urin dimana akan lebih akurat jika dilakukan setelah 9-12 hari paska melakukan hubungan seksual dan mengukur dengan urin pertama bangun tidur. Selain dengan test pack, pemeriksaan lain yakni pemeriksaan darah dan USG. 

    Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai kondisi yang pacar anda alami untuk informasi lebih lanjut. Hal yang dapat dilakukan oleh pacar anda yakni 

    1. menjaga pola hidup sehat dengan konsumsi makanan gizi seimbang, perbanyak konsumsi air putih

    2. Kelola stres dan istirahat cukup 

    3. Hindari alkohol dan rokok 

    4. Olahraga teratur

    Jika anda dan pasangan ingin mencegah kehamilan, ada baiknya anda menggunakan pengaman saat berhubungan seperti kondom. Selain itu, jika anda ingin menunda berhubungan seksual sebelum menikah akan lebih baik lagi dalam melindungi dari kehamilan tidak diinginkan dan penyakit menular seksual terutama jika ada riwayat dengan lebih dari 1 pasangan seksual.  Berikut mengenai menstruasi tidak teratur. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa