Tanya Dokter

  • haid bulan ini belum berhenti setelah 5 bulan lalu pasang IUD

  •  Mia Nurhayati
    Anggota

    Dok, saya pasang alat iud sudah 5 bln dtng haid selalu banyak dan hampir bulan ini lum berhenti sudah konsultasi dgn bidan diberi obat pemberenti pendarahan, anti biotik dan vitamin berenti 1 hari sekarang datang haid lgi dibarengi rasa nyeri dibawah perut sakit rasanya, apa yg mesti saya lakukan? Apakah saya mesti lepas iudnya?

    Halo, Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) memang dapat menimbulkan efek samping berupa:

    • perubahan siklus haid, yang umumnya terjadi dalam 3 bulan pertama setelah pemasangan kemudian akan berkurang
    • haid menjadi lebih lama dan banyak
    • bercak perdarahan(flek) diantara siklus menstruasi
    • saat menstruasi lebih sakit, kram
    Akibat efek samping tesebut, maka Ibu harus hati-hati akan kemungkinan anemia, dengan gejala pucat, lemah, debar-debar. Selain efek samping penggunaan IUD, menstruasi yang banyak dan terus-menerus mungkin disebabkan oleh keadaan lain, misalnya:
    • hormon yang tidak seimbang
    • miom
    • polip rahim
    • gangguan pembekuan darah
    • penyakit radang panggul
    • kanker rahim
    Anda dapat konsultasi ke dokter kandungan mengenai hal ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan dalam dan USG jika perlu. Dokter juga akan mempertimbangkan Ibu lepas IUD atau tidaknya berdasarkan usia Ibu, riwayat kehamilan, tujuan kontrasepsi Ibu, riwayat menyusui, ada tidaknya penyakit lain yang menyertai misalnya infeksi alat genital, tumor rahim juga penyebab perdarahan tersebut. Artikel ini dapat membantu Ibu: Mewaspadai mentruasi yang tidak normal Memilih alat kontrasepsi Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar