Tanya Dokter

  • Haid tidak berhenti

  •  Chivia Dipi
    Anggota

    alodokter,, saya umur 26thn,, tinggi 159cm berat 64kg..belum menikah..mengalami haid yg mulai tidak teratur..haid tgl 19 juni..kmudian berhenti di tanggal 25juni.. Puasa Ditanggal 14 juli ada lendir berwarna coklat segaris saja..saya fikir keputihan.. Kmudian berlanjut selama 3 hari.. Dan kluar cairan kental berwarna coklat seperti mens ditahap awal.. Berlangsung 2 hari..hari ketiga mens seperti biasa.. Banyak selama 3 hari saja.. Tapi dihari keempat setelah haid sampai 12 hari yg keluar bercak2 coklat sedikit2..  Tidak ada sakit perut..sekalipun ditekan.. Kemudian saya ke klinik dan diberi obat.. Dianjurkan diminum sampai habis.. Setelah saya konsumsi selama kurang lebih 5 hari haid saya berhenti.. Haid berhenti saya pun berhenti konsumsi obat dokter tsb.. Selama 5 hari kemudian haid muncul lagi..dan sudah berlangsung 2 hari warna darah masih coklat..emosi saya memang kadang tidak bisa dikontrol..kira2 ada masalah apa dengan tubuh saya dok?? Mohon penjelasannya.. Terimakasih.

    Hai Bila gangguan siklus haid Anda baru saja berlangsung, ada kemungkinan ini hanya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal sementara, ini tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Dari informasi diatas, kemungkinan dari ketidakseimbangan hormonal (estrogen dan progesteron) akibat dari stres psikologis atau kelebihan berat badan, dimana dari hasil Body mass index menunjukan adanya kelebihan berat badan. Penyebab lain ketidakseimbangan hormonal sementara adalah:

    • Kelelahan fisik
    • Diet ketat
    • Peningkatan/penurunan berat badan
    • KB hormonal seperti pil, suntik atau susuk.
    Bila gangguan siklus haid ini terus menerus, bertambah berat dan atau disertai gejala nyeri, keputihan, ada baiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan USG untuk menyingkirkan kemungkinan beberapa penyakit seperti: Informasi mengenai gangguan siklus haid dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus haid yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william