Tanya Dokter

  • haid tidak lancar

  • assalam... dok saya mau tanya,saya menggunakan KB andalan,pertama haid saya lancar tapi mengeluarkan semacam lendir trs haid yg ke 2 gak lancar sedikit" dan sekarang saya malah telat haid padahal saya sudah minum pil yang besar nya yang seharusnya haid dari kemarin. tolong solusinya dok.Terima kasih.

    Dear Amel, Terlambat menstruasi bisa disebabkan banyak faktor. Penggunaan pil KB yang hanya berisi progesteron bisa menimbulkan efek samping terlambat menstruasi. Selain itu, dapat disebabkan oleh:

    • kehamilan
    • ketidakseimbangan hormonal
    • aktivitas atau olahraga yang berat
    • stres psikis
    • penurunan berat badan secara drastis
    • penggunaan kontrasepsi dalam rahim
    • kista ovarium
    • polip rahim
    • gangguan pembekuan darah
    • dsb.
    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kebidanan dan kandungan agar keluhan Anda dapat ditelusuri lebih jauh dan dapat dilakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dianjurkan dokter untuk membantu menegakkan diagnosis untuk menentukan terapi yang sesuai. Berikut tips yang dapat dilakukan:
    • minum pil KB secara teratur jangan terlewatkan
    • perhatikan dengan seksama siklus menstruasi Anda apakah terlalu cepat, terlambat, tidak menstruasi beberapa bulan, atau bahkan berhenti
    • hindari olahraga dan aktivitas fisik yang berat
    • jangan menurunkan berat badan secara drastis
    • hindari dan kelola stres dengan baik
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyebab menstruasi tidak lancar Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya