Tanya Dokter

  • Pengaruh haid tidak lancar dengan kesuburan

  • Halo dok, saya bela umur saya 20 th. Saya sudah 2 tahun ini mengalami haid yang tidak lancar, terkadang 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali dan di hari pertama dan kedua perut saya akan sakit sekali. Apakah itu akan berpengaruh dengan kesuburan saya dok? Karena saya punya saudara, dulu dia haidnya tidak teratur dan perutnya selalu sakit ketika haid, dan sekarang sudah kira" 5 tahun menikah tetapi belum memiliki anak. Jadi apakah haid yang tidak lancar itu memang berpengaruh terhadap kesuburan dok?. Terimakasih dok

    Haid atau menstruasi merupakan siklus alami wanita berupa proses luruhnya dinding rahim yang terjadi setiap 21-35 hari, dimana terjadinya keluar darah melalui vagina selama 3-7 hari dengan volume darah yang keluar rata-rata sekiatr 3 sendok makan dalam sehari. Apabila pola haid Kita berbeda dari penjelasan di atas, atau siklus haid tidak teratur, memang sebaiknya perlu diwaspadai. Hal ini dapat berkaitan dengan kesuburan, namun bukan berarti semua wanita yang memiliki haid tidak teratur akan sulit memiliki keturunan. Sebaiknya saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter Kandungan ya, agar dapat dilakukan evaluasi, didiagnosis apakah yang menjadi penyebab haid tidak teratur, kemudian Dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    Sayangnya, wanita sering dipersalahkan apabila pasangan Suami-Istri kesulitan memiliki keturunan, namun nyatanya, sebesar 40% kasus kemandulan berasal dari pria. , 40% dari wanita, dan sisanya 20% disebabkan oleh keduanya. Jadi, apabila pasangan Suami-istri kesulitan memiliki keturuna, sebaiknya periksakanlah kesehatan baik dari sisi Istri maupun Suami.

    Sekian semoga jelas ya.

    dr. Annes