Tanya Dokter

  • Haid Tidak Lancar Pasca Penggunaan Pil KB

  •  bianca
    Anggota
    malam dok, saya mau bertanya, saya terakhir kali bulanan udah ada 5bulan yg lalu dan sampe skrg saya belom bulanan, saya juga tidak ada masalah organ intim, dan saya dan suami saya berhubungan uda dikurangi karena saya belom bulanan ini, dan lagi saya juga sudah testpack tp hasilnya negatif. terakhir kali saya habis melahirkan saya menggunakan KB pil andalan lactasi, dan sampe skrg saya belom bulanan, kira-kira itu kenapa ya dok? apa ada masalah dalam organ saya atau karena efek pil tsb? dan cara mengatasinya gimana dok?

    Halo bianca......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini berupa ketidakteraturan atau ketidaklancaran menstruasi, kemungkinan dapat saja disebabkan oleh karena Pil KB yang Anda konsumsi.

    Perlu Anda ketahui, alat kontrasepsi yang mengandung hormon, dapat menyebabkan ketidakteraturan menstruasi. Jika alat Kontrasepsi dihentikan, maka tubuh masih terus beradaptasi, Sehingga menstruasi masih saja belum teratur walaupun kontrasepsi telah dihentikan.

    Akan tetapi selain oleh karena pil KB, kondisi Anda alami juga dapat disebabkan oleh : stres psikologis, obesitas, tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, penurunan berat badan yang sangat ekstrim, kista ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid, sindrom ovarium polikistik, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik atas darah, tes urin, USG khusus obsgyn, dll., sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati