Tanya Dokter

  • Haid tidak lancar

  •  Umi Hasanah
    Anggota

    Dok . Cara memperlancar haid bagaimana ? Karena bulan ini sy terlambat . Dan bulan kemarin telat 3 bulan . Saya membaca artikel di internet jika datang bulan sebaiknya makan vitC hingga 3000mg . Jika minum vitC instan bagaimana ? Bahaya apa tidak ?

    Halo,   Beberapa tips sederhana bisa Anda lakukan untuk memperlancar haid Anda , namun sebelumnya Anda juga perlu mengenali penyebab ketidaklancaran dari siklus menstruasi Anda. Vit C pada dasarnya bagus untuk tubuh, namun konsumsi berlebihan bisa menimbulkan efek samping yang buruk bagi Anda seperti batu ginjal, kerusakan saluran cerna dll dan belum tentu menyelesaikan permasalahan Anda. Hingga saat ini tidak ada bukti konkret bahwa konsumsi vit C mega dosis (3000mg) bisa meperlancar haid Anda. Bahkan penelitian medis menyarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin C melebihi 2000 mg per harinya. Menstruasi yang tidak lancar bisa disebabkan karena berbagai faktor seperti :

    1. Gangguan hormonal.
    2. Kehamilan
    3. Penggunaan KB
    4. Sindrom polikistik ovarium
    5. Gangguan pada hipofises anterior seperti tumor
    6. Hiperprolaktinoma
    7. Perubahan berat badan secara ekstrem
    8. Latihan berat yang ekstrem seperti pada atlet.
    9. Stress psikis berat
    10. dll.
    Karena disebabkan oleh hal yang berbeda maka penanganan pada setiap kasus akan menjadi berbeda pula, itulah alasan mengapa Anda perlu memeriksakan diri ke dokter mengenai penyebab keterlambatan siklus menstruasi Anda ini. Dokter kandungan akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan tes medis seperti tes darah , USG,  dll yang diperlukan untuk mencari penyebab dari keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kasus Anda dan melancarkan haid Anda. Tips sederhana yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Berolahraga teratur.
    2. Hindari latihan terlalu ekstrem.
    3. Cukup istirahat.
    4. kelola stress.
    5. Banyak minum air putih.
    6. Relaksasi = massage, yoga,meditasi dll.
    7. Perbanyak sayur dan buah.
    Baca topik Menstruasi tidak lancar. Semoga membantu.   dr. Yusi