Tanya Dokter

  • haid tidak teratur saat penggunaan kontrasepsi implan

  • Hallo dok.. saya rischa umur saya 24 tahun saya sudah menikah, 2 minggu ini saya haid 1 minggu haid pertama haid saya seperti plek coklat kehitaman kadang menggumpal.. minggu kedua haidnya berwarna merah kehitaman tapi volume haid tiap harinya lebih banyak di banding minggu pertama.. 2 hari kemudian haidnya berhenti terus ada lagi seperti haid minggu pertama keluar gumpalan plek hitam berwarna coklat kehitaman.. satu hari tidak keluar trs keluar lagi dok. Tapi tidak terlalu banyak.. saya pake kontrasepsi implan.. jika tanda2 seperti itu apakah normal dok???

    Terimakasih dok.

    Hai Rischa, KB implan merupakan metode kontrasepsi hormonal yang memiliki efektivitas hingga 99% dalam mencegah kehamilan selama 3 tahun. Selain kelebihan ini, KB implan juga memiliki kekurangan, yaitu dapat memicu gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi yang terjadi dapat berupa menstruasi tidak teratur, menstruasi berlebihan, perdarahan di luar masa menstruasi, atau justru tidak mendapat menstruasi. Menstruasi tidak teratur yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh efek samping penggunaan KB implan ini. Namun demikian, menstruasi yang tidak teratur dapat pula diakibatkan oleh berbagai faktor penyebab lainnya seperti:

    Bila keluhan ini terus berlanjut ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Tes penunjang mungkin akan diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda. Informasi berikut ini dapat berguna: Penggunaan KB implan Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    fb-rischautami  fb-rischautami
    Anggota

    Terimakasih dok infonya... Sangat berguna untuk saya.