Tanya Dokter

  • penyebab dan efek haid 2 bulan atau lebih

  • Dok,saya mau tanya apa penyebab klo haid datengnya bisa 2 blan skali atu lebih..??apa efek kedepannya untuk masalah ini?terima kasih dok sebelumnya..

    Hello, Siklus menstruasi yang normal biasanya terjadi setiap 21 - 35 hari (sekitar setiap 1 - 1,5 bulan). Jika Anda mengalami siklus menstruasi secara regular setiap 2 bulan atau lebih didefinisikan sebagai menstruasi yang tidak teratur (atau oligomenore) atau jika lebih dari 3 bulan Anda tidak mendapatkan menstruasi maka disebut sebagai berhenti menstruasi (Amenore). Menstruasi yang tidak teratur (oligomenore) bisa terjadi pada wanita yang normal. Berikut adalah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur :

    1. Olahraga yang intensif dan berat
    2. Gangguan pola makan (Anoreksia nervosa) dapat Anda lihat secara detail dalam laman http://www.alodokter.com/anoreksia-nervosa
    3. kegemukan atau obesitas, dapat Anda lihat secara detail dalam laman http://www.alodokter.com/obesitas
    4. Sedang dalam menggunakan obat kontrasepsi
    5. Sedang dalam masa kehamilan
    6. Sedang dalam masa menyusui
    7. Gangguan hormon
    8. Stres
    9. Penyakit polip ovarium atau penyakit rahim lainnya
    10. dan lainnya
    Wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur tidak perlu terlalu bercemas, karena sebagian besar bisa terjadi secara normal. Namun disarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mendeteksi adanya kelainan-kelainan seperti yang disebutkan diatas sehingga dapat ditangani secara segera dan gejala tersebut tidak terulang lagi. Berikut adalah laman yang bisa Anda baca berkaitan dengan menstruasi dan gejala menstruasi yang tidak teratur : http://www.alodokter.com/menstruasi/ http://www.alodokter.com/mewaspadai-menstruasi-yang-tidak-normal http://www.alodokter.com/?s=Oligomenorhea Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean

    Klo umur saya dok bru 24thn n belum menikah dan berat sya 78kg dok. .sebenernya saya kepengen periksa tpi takut di anggep orng2 jelek krna blm menikah kok dah ke dokter kandungan...?klo tuk mslh nh awalnya dlu saya mengkonsumsi obat MAKSIMUS yg trdapat di indomaret krna awalnya BAB sya krang lancar dok,sya minum obt trsbt 3blnan stlh lancar BABnya sya brhenti konsumsi obtnya..?sblumnya sya konsumsi obt itu haid sya sdh mulai tlat2 dok tpi ngk smpe 2blanan kayak belakangan nh..sya mau tanya dok apakah krna obt trsbt atu bukan?atu krna hal yg lain dok...trima kasih dok sblmnya

    Hello Lhika, Memang untuk menentukan kepastian penyebab keterlambatan menstruasi harus dilakukan pemeriksaan dokter, dan tidak bisa ditegakkan hanya dengan melakukan konsultasi. Kemudian mengenai hubungan antara keterlambatan dengan haid dengan produk Maximus, produk herbal yang mengandung " Psyllium Husk" dan "ekstrak Senna" untuk pelangsing dan membantu melancarkan buang air besar (BAB), berdasarkan http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-652-SENNA.aspx?activeIngredientId=652&activeIngredientName=SENNA http://www.webmd.com/drugs/2/drug-56088/psyllium-husk-fibre-oral/details#precautions memiliki efek samping :  

    1. Gangguan pada pencernaan seperti kembung dan sakit perut ringan
    2. Sumbatan pada usus dan saluran pencernaan lainnya
    3. Nyeri dada
    4. Kesulitan bernafas
    5. Reaksi alergi
    6. Dehidrasi
    7. Gangguan keseimbangan elektrolit
    8. Gangguan irama jantung
    9. Kelemahan otot
    10. Gangguan hati
    Dalam informasi mengenai produk, tidak disebutkan adanya efek samping produk ke organ reproduksi yang menyebabkan keterlambatan menstruasi. Namun ada baiknya sebelum mengkonsumsi obat, konsultasikan dulu kepada dokter demi keamanan kesehatan. Semoga bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean.

    Oke dok..terima kasih informasinya.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.