Tanya Dokter

  • Belum hamil pasca lepas kb

  • aslamu alaikum dok dok sya mu tanya knp haid nya tidak bln ni sya haid nya d hari pertama cmn coklat2 setalah seminggu bru keluar drah sampe skrang,,apa itu haid terakhir tanda2 mu hamil,,soal nya sya pernah kb 3bln setlah itu gx kb lg,,knp setelh gx kb blm hamil

    Dear Ayy, Penggunaan suntuk KB 3 bulan memang dapat memberikan efek samping berupa menstruasi tidak teratur. Bahkan setelah dihentikan pun, menstruasi masih bisa tidak teratur hingga beberapa bulan ke depan sehingga kesuburan tidak dapat segera pulih. Selain karena efek suntik KB 3 bulan, beberapa penyebab berikut masih mungkin dapat menimbulkan perdarahan di luar siklus menstruasi:

    • ketidakseimbangan hormonal
    • kista ovarium
    • gangguan pembekuan darah
    • kanker serviks
    • dsb.
    Konsultasikanlah dengan dokter kebidanan dan kandungan perihal keluhan Anda ini. Dokter akan menelusuri gejala dan melakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan. Pemeriksaan USG akan dilakukan dokter. Diagnosis dan terapi yang tepat akan dokter berikan. Berikut artikel yang dapat Anda baca: Menstruasi tidak teratur Menimbang kelebihan dan kekurangan suntik KB Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya