Tanya Dokter

  • Mengganti kontrasepsi dari KB suntik ke KB pil

  •  Rima nursyifa
    Anggota
    Selamat siang dok! saya seorang ibu menyusui, anak saya skrg usia 9bln dan saya sekarang memakai kb suntik yang 3 bln tp malah haid terus2an dan BB jadi turun. Apakah boleh saya menggunakan kb pil?

    Halo Rima,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Suntik KB 3 bulan mengandung hormon progestin yang berfungsi menghambat pelepasan sel telur, menebalkan cairan vagina sehingga sperma lebih sulit masuk ke dalam rahim ketika berhubungan badan, dan menipiskan dinding rahim sehingga dinding rahim tidak mampu menopang kehamilan. Beberapa efek samping dari suntik KB adalah naiknya berat badan, suasana hati yang mudah berubah, sakit kepala, nyeri pada payudara dan gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi yang terjadi antara lain yaitu menstruasi menjadi tidak teratur, menjadi sangat banyak, menjadi sangat sedikit, atau bahkan tidak menstruasi sama sekali. Apabila Anda mengalami menstruasi yang tidak kunjung berhenti, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terlebih dahulu. Diskusikan juga dengan dokter tentang kontrasepsi yang sesuai untuk Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia