Tanya Dokter

  • Penyebab belum mendapat haid dan sering BAK

  • Sore dok. Saya ingin bertanya tgl 20 september lalu saya menikah dok trus trs tgl 22 september saya haid. Sebelum menikah saya perhatikan haid saya berkisar 28-35 hari tetapi jrknya beda" dok. Bulan oktober saya haid tgl 13-23 itu haid terlama yg prnah sy alami krna udh menikah. Haidny slama 10 hari smentara hanya sedikit gumpalan darah yg kluar, drah encernya trus yg byk dok dan serat" gitu. Di bulan november ini saya blm haid lagi dok. Itu knp ya dookk? Tetapi sy tdk mrasakan gejala" mau haid sprti sbelumnya. Skrg saya jdi sering BAK, suhu bdan dlm sy trasa hgt. Mohon penjelasannya ya dok.

    Halo Rosana Dwi Utari, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Keterlambatan menstruasi memang seringkali menjadi tanda yang pertama kali disadari wanita saat kehamilan terjadi. Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan lain yang dapat anda perhatikan:

    1. Perdarahan dari vagina dalam jumlah sedikit disertai kram perut yang merupakan tanda implantasi atau penempelan janin ke rahim
    2. Mual dan muntah atau yang sering juga disebut dengan morning sickness
    3. Payudara yang membesar dan kadang disertai juga dengan nyeri
    4. Rasa lemas dan cepat lelah
    5. Gangguan mood atau perasaan yang jadi sering berubah-ubah
    6. Sering kencing
    7. Sulit BAB
    8. Nyeri kepala serta nyeri punggung
    9. Sering pusing hingga bisa pingsan

     

    Meskipun keterlambatan menstruasi bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan, keterlambatan menstruasi juga dapat disebabkan oleh banyak hal lainnya. Beberapa hal lain yang dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi antara lain:

    1. Peningkatan dan penurunan berat badan yang berlebihan
    2. Gangguan makan seperti terjadinya anoreksia atau bulimia 
    3. Olah raga yang berlebihan
    4. Stress yang sedang tinggi
    5. Penggunaan obat-obatan dan kontrasepsi hormonal
    6. Penyakit tertentu seperti terjadinya infeksi, gangguan pada regulasi hormon tiroid, diabetes
    7. Kista ovarium
    8. Sindrom polikistik ovarium (PCOS)

     

    Bila melihat dari riwayat menstruasi anda, sebenarnya anda belum tentu mengalami keterlambatan menstruasi, karena siklus terpanjang anda adalah 35 hari. Bila memang setelah 35 hari anda belum juga mendapat menstruasi, anda dapat mencoba untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda menggunakan test pack:

    1. Pemeriksaan test pack sebaiknya dilakuan setelah terjadi keterlambatan menstruasi
    2. Hasil positif yang didapat pada pemeriksaan 99% akurat, sementara hasil negatif belum tentu akurat. Jika pada pemeriksaan test pack anda memperoleh hasil negatif, anda dapat melakukan pemeriksaan ulang 3-7 hari setelahnya bila anda belum juga mendapat menstruasi.
    3. Bacalah petunjuk pemakaian test pack dengan teliti, jangan membaca hasil test pack lebih dari 5 menit setelah dicelupkan ke kencing
    4. Periksalah dengan menggunakan kencing pertama di pagi hari untuk mendapat hasil yang lebih akurat 

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia