Tanya Dokter

  • haid tidak teratur menentukan tingkat kesuburan?

  • dokter saya ingin menanyakan: saya seorang wanita 23 th dan baru tanggal 1 okt kemarin menikah. mulai masih gadis haid saya tidak teratur dok, bisa dibilang masa haid saya (2 bulan haid, 1 bulan tidak haid) sebagai contohnya gini dok: bulan januari saya haid, feb tidak, maret-april haid, mei tidak, juni-juli haid, agustus tidak. nah bulan september saya haid tgl 1 dok. sampai sekarang saya blm haid lagi, kmr saya coba testpack muncul 2 garis merah tp samar. apakah saya hamil dok? lalu apakah bisa dibilang saya normal? kan saya baru berhubungan ya pas saya nikah tgl 1 okt itu dok. mohon penjelasan ya dok terima kasih

    mohon balasannya dok

    Jaty Tsyarta Tysmya  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Siklus menstruasi yang normal biasanya memiliki lama siklus 21-35 hari sekali, dengan rerata 28 hari. Lama perdarahan selama 2-5 hari, dengan jumlah 30-45 cc. Seorang yang memiliki siklus menstruasi tidak normal dapat disebabkan oleh banyak sekali kondisi, a.l:

    • Awal masa menarche (hingga 5 tahun pertama sejak mens pertama)
    • Menjelang menopause
    • Gangguan / ketidakseimbangan kadar hormon
    • Endometriosis
    • Kista ovarium
    • mioma uteri
    • dsb
    Umumnya untuk menentukan penyebabnya perlu dilakukan beberapa pemeriksaan, tetapi biasanya langkah awal adalah memastikan tidak ada kelainan anatomis, misalnya dengan melakukan USG. Jika normal baru kita mencari kemungkinana kelainan akibat klelainan hormon, sisalnya dengan pengecekan kadar hormon. Tidak teraturnya mens bukan berarti tidak subur/tidak bisa ounya anak, sepanjang bisa menstruasi maka seharusnya terjadi pelepasan sel telur, dan sepanjang sel telur dapapt bertemu dengan sperma maka kehamilan dapat saja terjadi. Hasil test pack 2 garis yang samar dapat saja merupakan suatu kehamilan, meski dengan hasil seperi itu, saran saya tes anda ulang sekitar 1 minggu kemudian dengan menggunakan urin pertama pagi hari. Karena hasil samar dapat saja terjadi akibat kadar hormon HCG (yang dideteksi oleh alat test pack) yang belum cukup tinggi pada awal masa kehamilan. Jika pada pengulangan didapatkan 2 garis yang lebih jelas, maka besar kemungkianan anda hamil. Untuk mengkonfirmasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi dokter, khususnya ahli kandungan untuk melakukan USG dan memastikan kehamilan, biasanya pada usia > 6 minggu janin sudah cukup mudah untuk diidentifikasi dengan menggunakan USG. menstruasi penyebab mens tidak lancar hamil 1 bulan demikian yang dpaat saya sampaikan, semoga bermanfaat.