Tanya Dokter

  • Masih normalkah kondisi haid saya yang tidak teratur ini?

  • Halo dok, saya monika umur saya sudah 17 th, tp haid saya masih belum lancar. Rata - rata 2 bulan sekali bahkan lebih. Dulu pernah tidak haid selama 4 bulan,  dan sekali haid selama 1 bulan full. Apa ini normal atau perlu diperiksakan dok???

    Terima kasih dok.

    Margareta Deny  Margareta Deny
    Anggota

    Margareta Deny June 21, 2015 at 9:03 pm Halo dok, anak saya umurnya sudah 17 th, tp haidnya masih belum lancar. Rata – rata 2 bulan sekali bahkan lebih. Dulu pernah tidak haid selama 4 bulan, dan sekali haid selama 1 bulan full. Apa ini normal atau perlu diperiksakan dok??? Terima kasih dok.
     

    Halo,   Siklus menstruasi yang normal adalah teratur setiap 25- 35 hari dalam setiap siklusnya, dan lama periode 1 siklus berkisar 2-7 hari disertai jumlah darah +/- 40 ml per hari (3-4 kali ganti pembalut). Siklus menstruasi yang Anda ceritakan diatas adalah siklus yang tidak normal dan memberikan gambaran adanya gangguan pada organ reproduksi anak Anda. Gangguan siklus menstruasi yang tidak teratur (2-4 bulan sekali ) dan memanjang ( > 1 bulan jika haid) merupakan gangguan menstruasi yang bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal
    2. Gangguan tiroid
    3. Stress psikis
    4. Endometriosis
    5. Penyakit radang panggul
    6. Infeksi rahim
    7. Gangguan pada hipofisis otak
    8. Hiperprolaktinoma
    9. Kista
    10. Perubahan berat badan secara ekstrem.
    11. Jaringan fibroid, polip rahim.
    Untuk mengetahui kondisi anak Anda dengan lebih baik maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi anak Anda dan melakukan tindakan medis yang perlu seperti USG, tes darah, CT SCAN dll. Dengan mengetahui penyebab dari keluhan yang pasti maka pengobatan bisa diberikan dengan tepat. Untuk memperlancar siklus menstruasi anak Anda maka Anda bisa menyarankan anak Anda untuk melakukan beberapa cara seperti :
    1. Olahraga teratur.
    2. Isitrahat cukup
    3. Banyak minum air putih
    4. Hindari stress dan kelola stress Anda.
    5. Makan gizi seimbang
    6. Hindari diet cepat yang tidak sehat.
    Baca topik Menstruasi tidak teratur dan Menstruasi memanjang. Semoga membantu.   dr. Yusi