Tanya Dokter

  • Berhenti KB dan perubahan pada menstruasi

  •  Oktavian
    Anggota

    Pagi dok, saya sekitar bulan april kemarin suntik kb 1 bulan, lalu tdk lanjut suntik lagi , tp kenapa haid saya jd sering keluar ya, darah yg keluar merah pekat , kenapa ya?

    Hai Oktavian Salah satu efek samping dari KB hormonal baik pil, suntik ataupun susuk adalah adanya gangguan siklus haid. Ini dapat terjadi akibat pengaruh hormon KB terhadap hormon alami tubuh sehingga terjadi ketidakseimbangan hormonal yang dapat mengganggu baik siklus maupun jumlah volume haid. Gangguan siklus haid yang terjadi dapat berbeda pada tiap wanita. Walaupun KB telah dihentikan, ini dapat menetap sampai terjadinya adaptasi tubuh. Namun bila berkepanjangan dan bertambah banyak ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG. Kondisi lain yang dapat menimbulkan haid berlebih antara lain:

    Berikut informasi lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan dari KB suntik, yang dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Menimbang kelebihan dan kekurangan KB suntik. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william