Tanya Dokter

  • siklus menstruasi yang tidak teratur dan keluar gumpalan darah disertai sakit perut dan pinggang

  •  Yulian Sari
    Anggota

    hallo dokter saya yuli 21tahun saya menikah dibulan juni lalu bulan juli saya haid tgl 29 nah setelah 5hari selesai haid saya keluar darah lagi awal agustus tapi hanya sedikit besoknya tidak keluar lagi darahnya tapi sedikit lalu saya haid lagi tanggal 14september dok nah dibulan oktober saya tidak haid saya haid lagi tgl 2november dok di haid yg sekarang ini darah yg keluar sedikit tapi banyak mengeluarkan gumpalan darah dok sebelum keluar gumpalan darahnya perut dan pinggang saya begitu nyeri rasanya seperti mules banget lalu pas saya maaf (pipis) keluar gumpalan darah lebarnya 2jari panjangnya dari ujung jari tengah sampai ke pergelangan warnanya keabuan tua dan berserat gitu dok bukan seperti darah apa itu tanda saya keguguran atau bukan yah dok ?

    Halo,   Untuk mengetahui apakah Anda hamil maka perlu dilakukan pemeriksaan yang akurat seperti testpack atau USG. Mengamati bentuk gumpalan darah yang keluar tidak bisa dijadikan sebagai acuan Anda mengalami keguguran (yang tentunya diawali dengan kehamilan). Untuk mengetahui apakah gumpalan tersebut adalah jaringan fetus yang keluar (keguguran) maka sebelumnya Anda perlu tahu terlebih dulu Anda hamil atau tidak. Dengan kondisi saat ini Anda bisa tetap melakukan testpack. Jika testpack menunjukkan tanda 2 garis maka kondisi perdarahan yang Anda alami saat ini bisa dipastikan adalah keguguran. Timbulnya gumpalan darah pada saat menstruasi bisa saja terjadi akibat dari :

    1. Adanya miom atau jaringna fibroid lain.
    2. Kista.
    3. Gangguan pembekuan darah.
    4. Stenosis rahim.
    5. Infeksi rahim.
    6. dll.
    Jika nyeri sangat mengganggu maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk mengetahui adakah kondisi lain yang sedang Anda alami dan perlu penanganan medis lanjutan. Ketidakteraturan siklus menstruasi Anda bisa timbul karena :
    1.  Gangguan hormonal.
    2. Stress dan kelelahan.
    3. Sindrom polikistik ovarium.
    4. Gangguan tiroid.
    5. Perubahan berat badan yang ekstrem
    6. Terlalu kurus.
    7. dll.
    Minum obat pereda nyeri, kompres hangat perut Anda untuk membantu meredakan nyeri dan lakukan olahraga serta kelola stress. Jika pendarahan terjadi > 1 minggu mak segera hubungi dokter terdekat.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi