Tanya Dokter

  • Bercak merah berisi cairan pada kulit

  • Hay dok saya mau bertanya. Ni paha kiri saya timbul merah2 dan melepuh, sebelumnya hanya sakit perut kiri bawah sampai timbulnya merah2 yg melepuh di paha kiri yg terasa sangat perih setelah di gosok salep pemberian dari dokter.. Baru skrg dok timbul gini, kata dokter juga dokter blom bisa pastikan klw ini apa, jadi klw belom ada perubahan harus balik lagi dlm waktu 5 hari dan sekarang udah 2 hari sih dok. Tapi kelihatannya bintik merah yg disertakan berair itu makin nambah dan makin perih.. Makasih dok

    Hai Chinly,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Ruam kemerahan yang terasa pedih dan berisi cairan paling sering disebabkan oleh Herpes zoster, atau masyarakat awam kerap menyebutnya dengan cacar api. 

    Herpes zoster terjadi ketika virus yang sebelumnya menyebabkan cacar air (varicella) mengalami reaktivasi sehingga menginfeksi serabut syaraf dan kulit yang dipersyarafinya. Infeksi ini khasnya ditandai dengan munculnya ruam kemerahan berair yang terasa gatal, nyeri, perih, dan panas bagaikan terbakar. Ruam ini muncul hanya di salah satu sisi tubuh sesuai dengan dermatomal serabut syaraf yang terinfeksi. Jika ruam muncul di area perut kiri hingga ke paha kiri, maka mungkin serabut syaraf yang terinfeksi berkisar berada di antara segmen T12 hingga L3.

    Selain ruam kulit, penderita Herpes zoster juga bisa mengalami keluhan lain, seperti demam, nyeri kepala, lebih sensitif terhadap cahaya, lemas, atau tidak enak badan.

    Sebaiknya, Anda ikuti petunjuk dokter untuk memeriksakan ulang keluhan Anda beberapa hari kemudian. Apabila keluhan terasa sangat mengganggu, Anda tidak perlu menunggu hinga 5 hari. Anda bisa periksakan kembali secepatnya. Dengan pemeriksaan langsung, dokter dapat juga menilai kemungkinan penyakit lain yang bisa memunculkan gejala nyaris serupa, di antaranya dermatitis kontak iritan, demratitis kontak alergi, erisipelas, folikulitis, gigitan serangga, candidiasis kutan, dan sebagainya.

    Anda bisa lakukan beberapa tips berikut:

    • Mandi teratur 2x sehari, lalu keringkan dengan benar, baru menggunakan pakaian
    • Kenakan pakaian yang bersih, longgar, berbahan lembut, dan menyerap keringat
    • Jangan memencet paksa ruam berair yang muncul
    • Hindari mengoleskan apapun ke ruam yang muncul tanpa saran dokter

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah