Tanya Dokter

  • kemungkinan hamil jika berhubungan setelah menstruasi

  •  Eramawana
    Anggota
    Halo dokter,saya mau tanya.. saya beehubungan seks sma istri,tepat 2 hari sesudah mentruasi.. tapi penis tidak benar benar masuk dan sperma keluat di luar.. apakah seperti itu bisa menyebabkan hamil??
    Eramawana  Dewa Gunarse
    Anggota
    Itu panas dalam mas. Minum lasegar. Panas dalam hilang hahaha

    Halo Sdr Eramawana,   

    Terima kasih atas pertanyaanya,

     

    Kehamilan terjadi saat adanya pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel sperma harus berada di dalam tubuh wanita dan harus bisa mencapai saluran telur (tuba fallopi) sang wanita. Semua hubungan intim dimana ada penetrasi penis pada liang Miss V akan ada kemungkinan hamil dan apabila saat wanita dalam masa subur, kemungkinan hamil semakin  besar.  Saat terjadi hubungan intim antara wanita dan pria akan mengeluarkan cairan putih bening sebagai respon tubuh adanya geseken. Saat terjadi ejakulasi cairan mani dari sang pria mengandung sel sperma ini. 


    Kontak vagina dengan sperma dalam kondisi apapun seperti petting (tidak ada penis yang masuk ke dalam liang vagina) beresiko menyebabkan kehamilan. Sperma yang menempel di kulit kelamin dapat berjalan ke liang vagina sampai dapat mencapai sel telur dan terjadi pembuahan karena sperma dapat hidup selama seminggu di dalam tubuh sang wanita. Walaupun kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil.  

    Jika sel sperma sudah bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan kehamilan tidak dapat dielakkan. Namun untuk memastikan adanya kehamilan atau tidak Anda perlu melakukan testpack, dimana memeriksanakan kadar hormon B-HcG di dalam urine wanita, yaiu hormon tubuh yang meningkat pertama kali saat terjadi kehamilan. Hormon ini akan meningkat sekitar 2  minggu setelah terjadinya pembuahan.  Atau dengan lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

    Jika kehamilan memnag belum direncanakan, untuk melakukan hubungan seksual berikutnya sebaiknya Anda mengetahui betul bentuk kontrasepsi yang bisa Anda dan pasangan Anda bisa gunakan. Dapat berupa kondom, pil KB ataupun yang lain. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis Anda.  

    Adapun tanda kehamilanyang muncul secara umum:

    1.    Mual bahkan muntah. Kondisi ini biasnanya muncul di pagi hari, sehingga sering disebut sebagai morning sickness.

    2.   Frekuensi buang air kecil yang semakin sering

    3.   Perubahan ukuran payudara yang semakin membesar

    4.   Perubahan mood atau emosi yang tiba-tiba

    5.    Merasa cepat lelah

    6.   Pusing dan sakit kepala.

     

    Semua kondisi di atas dapat dirasakan di awal-awal kehamilan. Namun, keluhan-keluhan tersebut belum tentu pasti kehamilan. Dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Dan juga tidak sedikit wanita hamil yang sama sekali tidak merasakan tanda-tanda kehamilan tersebut sampai didapatkan hasil pemeriksaan yang positif.

    Untuk memastikan kondisi pasangan Anda saat ini, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat berkonsultasi langsung dan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

    Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Tiwi