Tanya Dokter

  • Hamil 2 bulan perut masih rata

  • Sore dok. Saya mau bertanya. Saya sedang hamil anak pertama, dan sudak masuk 9w. Tapi kenapa ya dok perut saya masih rata. Belum terlihat seperti orang hamil. Soalnya saya takut tidak berkembang dok. Terus juga aerola pada puting belum melebar seperti orang hamil pada umumnya. Apakah itu wajar dok. Atau memang tidak semua orang hamil aerola tidak melebar. Trimakasih.

    Hai,

    Tanda-tanda kehamilan yang lazim meliputi keterlambatan haid, rasa tak nyaman di payudara, perubahan mood, mudah lelah, pusing, mual/muntah dan menjadi sering BAK. Pada awal kehamilan, ukuran janin masih sedemikian kecil sehingga tidak dapat menyebabkan pembesaran rahim. Rahim baru bisa teraba di perut bagian bawah pada usia kehamilan sekitar 12 minggu. Sedangkan perubahan pada payudara tidak harus terjadi pada setiap wanita yang hamil.

    Anda sebaiknya terus melakukan pemantauan berkala kondisi kandungan Anda sekurangnya 4 kali selama kehamilan. Pemantauan ini dapat dilakukan dengan mengunjungi Bidan, Dokter atau Ahli Kandungan (Sp. OG). Selama pemantauan, akan dilakukan pengukuran berat badan, status gizi, tekanan darah, ukuran rahim, dan keluhan-keluhan yang ada selama kehamilan. Anda biasanya akan dianjurkan untuk mendapatkan vaksinasi tetanus jika belum diberikan. Selain itu, Bidan / Dokter Anda mungkin akan memberikan suplemen kehamilan seperti zat besi, asam folat dan kalsium, yang kebutuhannya meningkat selama kehamilan. Anda juga sebaiknya mengonsumsi makanan sehat selama hamil untuk memastikan kebutuhan nutrisi Anda tetap terjamin.

    Baca juga artikel tentang hamil 2 bulan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma