Tanya Dokter

  • Hamil 39 minggu tapi belum ada tanda-tanda akan melahirkan

  •  Poepoedht
    Anggota
    Sore dok.. Saat ini usia kandungan saya genap 39 minggu. & ini kehamilan pertama saya. Tp kenapa blm ada tanda tanda akan melahirkan dok? Apakah saya harus menunggu sampai 42 minggu dok? Mmg terkadang perut bawah & daerah selangkangan saya sudah terasa sakit. Apa yg harus saya lakukan dok?

    Halo Poepoedht.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, persalinan normalnya terjadi saat usia kehamilan antara 37 minggu sampai dengan 42 minggu. Bila kurang dari 37 minggu disebut juga dengan persalinan prematur, dan bila lebih dari 42 minggu disebut juga dengan persalinan postmatur lewat bulan.

    Jika sudah memasuki usia kehamilan 39 minggu dan belum terjadinya tanda - tanda persalinan, asalkan tidak adanya gangguan pada janin ataupun kehamilan, maka tidak perlu dilakukan penanganan apapun, cukup dengan menunggu sampai adanya tanda - tanda persalinan hingga usia kehamilan sekitar 42 minggu.

    Berikut ini tanda - tanda awal memulai persalinan, diantaranya adalah : timbulnya rasa mulas atau nyeri perut yang menjalar pada punggung, nyeri yang dirasakan teratur dan cukup lama, keluar lendir atau darah dari vagina, keluar air ketuban, frekuensi buang air kecil meningkat.

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, sehingga akhirnya dokter dapat memeriksa kondisi kehamilan Anda lebih lanjut, dan penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    TANDA - TANDA MELAHIRKAN SUDAH DEKAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati